Gambaran Hubungan Interpersonal Wanita Bercadar

Sujoko Sujoko, Mohammad Khasan

Abstract


Fenomena cadar di Indonesia sudah ada sejak dahulu bahkan sebelum Indonesia merdeka. Namun pembahasan tentang wanita bercadar masih sangat menarik untuk dikaji. Eksistensi mereka sering dikaitkan dengan Islam radikal dan aksi-aksi terorisme yang sering terjadi di Indonesia. Sehingga keberadaan wanita bercadar ini banyak menimbulkan aksi pro dan kontra dilingkungan masyarakat. Dalam pergaulan sosial, wanita bercadar akan menghadapi berbagai kendala salah satunya adalah dalam hal hubungan interpersonal. Hal ini karena keterbatasan mereka untuk lebih mudah dikenali, salah satunya karena wajah mereka tertutup. Sehingga dalam pergaulan sehari-hari juga akan mengalami kendala dikarenakan penampilan mereka  lain dari pada yang lain. Eksklusivitas dan ketertutupan wanita bercadar inilah yang kemungkinan besar dapat menghambat proses sosialisasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran hubungan interpesonal wanita bercadar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya. Hasil dari penelitian ini adalah ada persepsi yang salah terhadap wanita bercadar, bahwa mereka eksklusif dan tidak mau bergaul dengan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua informan dalam penelitian ini justru bersikap proaktif, terbuka dan mau bersosialisasi dengan siapapun.

Keywords


Hubungan Interpersonal; Wanita; Cadar

Full Text:

PDF

References


Amanda, R. M. (2014). Hubungan antara prasangka masyarakat terhadap muslimah bercadar dengan jarak sosial. Jurnal RAP UNP, 5(1), 72-81.

Andi, N. N., Fahmi, A., Nurwindiyastuti, D., dkk. (2010). Hubungan interpersonal (pengertian, teori, tahap, jenis, dan faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal). Makalah. http://psikologi.or.id/mycontents/uploads/2010/07/hubungan-interpersonal.pdf. diakses 25 Januari 2019

Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Jakarta: Profesional books.

Fatur, A. R. & Syafiq, M. (2017). Motivasi, stigma dan coping stigma pada perempuan bercadar. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(2), 103-115.

Hasibuan, M. (2009). Manajemen sumber daya manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Nafisah, U. (2016). “Collective action” komunitas wanita bercadar dalam perubahan sosial keagamaan di Sleman. Tesis. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Novri, M.S. & Yohana, N. (2016). Konstruksi makna cadar oleh wanita bercadar jamaah pengajian Masjid Umar bin Khattab Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jom Fisip, 3(1), 1-12.

Nursalam, S. (2015). Persepsi masyarakat tentang perempuan bercadar. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, III(1), 116-125.

Sadli, S. (1999). Pengembangan Diri Perempuan dalam Keluarga dan Lingkungan Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi sosial individu dan teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan; pendekatan kualitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wisnuwardhani, D. & Mashoedi, S.F. (2011). Hubungan interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id