Seni Kriya Dengan Limbah Pohon Hutan Tropis Kalimantan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak

Aulia Suhesty, Achmad Wanda, Bintang Prastya Dewandari, Bahjatul Khasna Al-Muti’ah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh seni kriya dengan limbah pohon hutan tropis Kalimantan untuk meningkatkan konsentrasi anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan one group post design. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa-siswi SD Muhammadiyah 2 Sa-marinda yang berjumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala yang terdiri atas 10 aitem dan digunakan untuk mengukur konsentrasi anak dengan usia 9-11 tahun. Teknik Analisa data menggun-askan uji pared sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kosentrasi pada siswa setelah diberikan perlakuan seni kriya dengan nilai t = -8.885 dan p = 0.000.

Keywords


seni kriya, limbah pohon, konsentrasi

Full Text:

PDF

References


Aviana, R., dan Hidayah, F. F. 2015. Pengaruh Ting-kat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Uni-versitas Muhammadiyah Semarang. 3(1): 30-33.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bappenas. 2003. Strategi dan Rencana Aksi Keane-karagaman Hayati Indonesia [Dokumen Na-sional]. Jakarta: Badan Perencanaan Pem-bangunan Nasional

Bastomi. 2003. Seni Ukir. Semarang: IKIP Semarang Press.

Budiono, M. A. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indo-nesia. Surabaya: Karya Agung.

Bungin, M. B. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Ja-karta: Kencana Prenada Media Group.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dzulqaidah, R. P, dan Salsabila, S. N. 2014. Pengaruh Mendengarkan Murratal Al Qu’ran Terhadap Peningkatan kemampuan Konsentrasi. Jurnal Ilmiah Psikologi, (1):2, 120-129.

Engkoswara. 2012. Administrasi Pendidikan. Ban-dung: Alfabeta.

Hadi, S. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hakim, T. 2003. Komponen Perancangan Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, T. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Halil, A, Yanis, A, dan Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 23-45.

Hasnawati dan Bratnasari. 2017. Membangun Gen-erasi Emas Melalui Perspektif Pendidikan Karak-ter. Jurnal UAD. 1(2): 247-254.

Julianto, V. 2017. Meningkatkan Memori Jangka Pendek Dengan Keraitan. Jurnail Ilmih Psikologi, 2(2), 137-147.

Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: Uni-versitas Muhammadiyah Malang Press.

Maulana. 2011. Dasar-Dasar Keilmuan Matematika Sequel 1. Subang: Royyan Press.

Muharam. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho, W. 2007. Mengatasi Hambatan Belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Nusufi, M. 2016. Melatih Konsentrasi Dalam Olahraga. Jurnal FKIP Unsyiah, 15(2), 54-61.

Pasaremi. 2014. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Dengan Bermain Sensori Motor di Ke-lompok B2 RA Ummatan Wahidah. Skripsi. Uni-versitas Brawijaya.

Permatasari, F, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Pada Pembelajaran Seni Tari Untuk Anak Tuna Grahita Di SLB Negeri 1 Sleman Berbasis Permainan Tradisional. Skripsi. Univer-sitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, B. 2011. Belajar Otodidak Membuat Data-base Menggunkan MySQL. Bandung: Informat-ika.

Rondhi, M. 2002. Tinjauan Seni Rupa1. Semarang: Jurusan Seni Rupa, Universitas Negeri Sema-rang.

Santrock JW. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakart: Kencana.

Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariat. Ja-karta: PT Elex Media Komputindo.

Schimed, A. B dan Peper, E. 2001. Mental Prepara-tion for Optimal Performance in Rhythmic Gym-nastics. Peper Presented at the Western Society for Psysical Education of College Conference, Asilomar, Calif.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sidiyasa, K. 2011. Struktur dan Komposisi Tegakan Serta Keanekaragaman di Hutan Lindung Sungai Wain, Balikpapan, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam. 6(1): 79-93.

Sulastianto, H. 2006. Seni Budaya Untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Sunaryo. 2002. Psikologi Untuk Keperawatan. Ja-karta: Kedokteran EGC.

Yoyok. 2008. The book of WTF Poomsae Competi-tion edisi Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Triyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id