Amazing Skill: Untuk Menurunkan Prokrastinasi Mahasiswa IPK di Atas 3.00

Rina Rifayanti, Milalia Rizqi Aulia, Iska Sapari, Misriyanti Misriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh training amazing skill mengalami penurunan prokrastinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan two group pre and post test design. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang mahasiswa yang memiliki tingkat proaktinasi yang sedang atau tinggi. Teknik Analisa data menggunaka uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapat pelatihan amazing skill dapat menurunkan proaktinasi dengan t = 2.365 dan sig = 0.033.

Keywords


proaktinasi, amazing skill

Full Text:

PDF

References


Atkinson, R., L. 1994. Pengantar Psikologi Edisi ke sebelas jilid 2. Terjemahan: Widjaya Kusuma. Jakarta: Erlangga.

Azwar, S. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bungin, B. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Burka & yuen. 1983. Why Do It. New York: Perseus Books Group.

Cleopatra, M. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.

Chernis, C., & Goleman, D. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace. San Fransisco: Jossey Bass a Willey Company.

Djamarah, S., B. 2002. Bahasa Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Ferrari, Johnson, J., R, & Cown, W., G. 1995. Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press.

Fauziah. H., H. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympatic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2), 123-132.

Fibrianti, D. 2009. Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gea, A., A. 2014. Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif. Jurnal Humaniora, 5(2), 777-785.

Ghufron & Rini, R. 2014. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Handayani, S.,& Suharnan. 2012. Konsep Diri, Stres, dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia,1(2), 114-121.

Hadi, S. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Ilfiandra. (2009). Penanganan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas (Konsep dan Aplikasi). Jurnal.http://www.google.com. Diunduh tgl 28 Oktober 2015.

Ilyas, M., & Suryadi. 2017. Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Islam, 41(1), 71-82.

Kusuma, K., P. 2008. Manajemen Waktu Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Bekerja. Skripsi. Universitas Katolik Soegipranata. Semarang.

Kartadinata, I., & Tjundjing, S. 2008. I love you tomorrow: prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109-119.

Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Macan, T. H. 1990. Time Management: Test of Process Model. Journal of Applied Psychology. 79, 3, 381 391.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puspitasari, W. 2013. Hubungan Antara Manajemen Waktu Dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Bekerja. Skripsi. Yogjakarta. Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan.

Rahardi. N. 2009. Manajemen Waktu untuk Mahasiswa. http://www.topcities.com Diakses pada tanggal 28 mei 2012.

Sandra, I., K., & Djalali, A., M. 2013. Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217-222.

Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sardiman, A., M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Singh, D., & Jain, S., C. 2013. Working process of time management in SAP HR module. International Journal of Management Research and Reviews, 3. Society of Scientific Research and Education (SSRE), Meerut, India.

Solomon, L. J., Rothblum, E., D. 1984. Procrastination Assessment Scale Students. Dalam M. Hersen & A. S. Bellack. Dictionary of Behavioral Assessment Techniques. New York: Pergammon Press.

Sudarwan & Yunan. 2013. Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.

Uno, B., H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Winardi. 2010. Manajemen Prilaku Organisasi, Edisi Revisi. Jakarta:Kencana.

Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.

Yusuf, S. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id