Keterampilan Interpersonal Ditinjau Dari Pencapaian Status Identitas Diri Achievment Pada Guru

Sri Widyawati, Retno Ristiasih Utami, Martha Kurnia Asih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pencapaian status identitas diri achievement terhadap keterampilan interpersonal pada guru. Subjek penelitian adalah 255 guru SMA/SMK/MA di Semarang. Data dari kedua variabel dikumpulkan dengan menggunakan skala keterampilan interpersonal dan skala pencapaian status identitas diri achievement. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Analisis regresi menghasilkan nilai R=0,663 dengan p=0,000 (p<0,01) yang berarti pencapaian status identitas diri achievement guru berpengaruh terhadap keterampilan interpersonalnya yaitu semakin mantap pencapaian status identitas diri achievement guru maka akan semakin meningkat keterampilan interpersonalnya. Analisis regresi juga menghasilkan persamaan Y = 18,244 + 0,880X yang berarti bahwa se-tiap satuan peningkatan pencapaian status identitas diri achievement guru akan meningkatkan keterampilan interpersonalnya sebesar 0,880 satuan. Hipotesis dalam penelitian ini diterima

Keywords


status identitas diri “achievement”, keterampilan interpersonal, guru

Full Text:

PDF

References


Auliya, Y., 2018, Kasus Dugaan Guru Aniaya Murid di Semarang, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah, Jateng Tribun.com 5 Februari 2018, jateng.tribunnews.com, Diakses 3 September 2018.

Ayyubi, S., Guru Penampar Siswa Minta Maaf via Video, Liputan 6 Online media 20 April 2018, www.liputan6.com, Diakses 3 September 2018.

Dariyo, A., 2004, Psikologi Perkembangan, Bogor : Galia Indonesia.

Desmita, EI., 2009, Psikologi Perkembangan, Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.

Fua, A.A., 2018, Gara-gara Kaki Kursi Jatuh, Guru SMP di Konawe Pukul Siswa Hingga Pingsan, Liputan 6 Online Media 24 Mei 2018. www.liputan6.com, Diakses 31 Agustus 2018.

Gunarsa, S.D., 2000, Psikologi Praktis Anak, Remaja, dan Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan.Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniasih, Y. dan Anggorowati, 2017, Keterampilan Interpersonal: Upaya Menciptakan Komunikasi Efektif. Journal of Health Studies. 1 (1): 72-77.

Lestari, R. 2007. Modul Interpersonal Skill, Bogor: Pusdiklatwas BPKP.

Marcia, J.E., 1966, Development and Validation of Ego-Identity Status, Journal of Personality and Social Psychology. 3 (5): 551-558.

Oviyanti, F., 2017. Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru, Tadrib, Vol.III, No.1, Juni 2017.

Papalia, D.E., & Olds S.W. 2009, Human Development. Perkembangan Manusia. Buku 2. Edisi 10, Alih Bahasa.

Santrock, J.W., 2011. Life-Span Development. Perkembangan Masa-Hidup. Edisi ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

______, 2011. Life-Span Development. Perkembangan Masa-Hidup. Edisi ketigabelas. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sativa, R.L., 2018, Tuntasnya Kasus Guru Pukul Siswa dengan Sepatu di Magetan, detiknews 30 Agustus 2018, www.detiknews.com, Diakses 3 September 2018.

Upton, P., 2012, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Yuliana, Syahrudin H., dan Okianna, 2016, Pengaruh Keterampilan Interpersonal terhadap Kelancaran Tugas Kelompok pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Tanjungpura, Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. 5 (4).

Yunus, S., 2017, Mengkritisi Kompetensi Guru, detiknews 24 November 2017, www.detiknews.com., Diakses 30 Agustus 2018.

Yusri, M.A., 2018, Kemendikbud Lakukan Mediasi Pinta Klarifikasi Guru dan Wali Murid. Koran Sindo 28 Juli 2018. www.sindonews.com., Diakses 3 September 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i1.2387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id