Connecting Group Activity Dalam Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Gen-Z

Hairani Lubis, Afif Husniyatur Rosyida, Fitri Wulandari, Syazira Nira Sandya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kecemasan sosial pada mahasiswa setelah diberikan connecting group activity. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan so-sial yang sedang atau tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Univer-sitas Mulawarman Angkatan 2017 sejumlah 30 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu Paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan ada penurunan kecemasan sosial pada subjek setelah diberikan connecting group activity dengan nilai t = 3.323 dan p = 0,005 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukan pelatihan yang diberikan dapat menurunkan kecemasan sosial setelah subjek diberikan connecting group activity. Sedangkan pada kelompok control didapatkan hasil nilai t = -.324 dan p = 0.751 (p > 0,05) yang bermakna tidak ada penurunan kecemasan sosial pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017 Universitas Mulawarman setelah diberikan

Keywords


kecemasan sosial, connecting group activity, gen-z

Full Text:

PDF

References


Adhityaputra VW, Saripah I. 2015. Efektivitas Permainan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2(3):290-298.

Agus S. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Ja-karta: Bumi Aksara.

Albano AM. 2006. Medampingi Anak Pasca Trauma. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders 5th edition. Washinton DC: American Psychiatric Publishing.

Andrianto D. 2011. Memanfaatkan lingkungan seki-tar sebagai sumber kehidupan anak usia dini. Ja-karta: Direktor Pembinaan Anak Usia Dini.

Arikunto S. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pen-dekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin B. 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Brecht G. 2011. Mengenalkan Cara Menanggulangi Stres. Jakarta: Prenhallindo.

Chou HP. 2012. Cyber Smart Parenting. Bandung: Visi Anugerah Indonesia.

Dayaksikni T, Hudainah. 2009. Psikologi Sosial. Ma-lang: UMM Press.

Devito AJ. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Ja-karta: Professional Books.

Dockett S, Fleer M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood. Sydney: Harcourt.

Duran VM. 2006. Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dwyer T. 2010. Media Convergence: Issues in Cul-tural and Media Studies. London: Open Univer-sity Press.

Hamarta E, Baltaci N. 2013. Attacment Styles as A Predoctor of Emotional Intelegensi. Edication Sciences: Theory and Prectices 9(1):213-229.

Hargie O, Dickson D. 2004. Skilled interpersonal communication. London: Routledge.

Hofmann SG, Dibartolo PM. 2001. From Social Anx-iety to Social Pobia. New York: Allyn & Bacon.

Holeman D. 2009. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Isnaeni J. 2008. Efektivitas Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi Halusinasi terhadap Penurunan Kecemasan Klien Halusinasi Pendengaran di Ruang Sakura RSUD Banyumas. The Soedirman Journal of Nursing. 3(1):12-39.

Kusumawati F, Hartono Y. 2011. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

La Greca AM, Lopez N. 1998. Social Anxiety Among Adolescents: Linkages with Peer Relations and Friendships. Journal of Abnormal Child Psychol-ogy 26(2):83-94.

Larasitajati KE. 2013. Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi Halusinansi Terhadap Tingkat Kecemsan ada Klien Halusinasi Pendengaran. Skripsi. Yogyakarta: STIKES Jendera A. Yani.

Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: Uni-versitas Muhammadiyah Malang Press.

Mayestika TA. 2009. Kecemasan Sosial Facebooker ditinjau dari Harga Diri. Skripsi. Semarang:Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Nainggolan T. 2011. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Pengguna Napza: Penelitian Di Balai Kasih Sayang Par-madi Siwi. Sosiokonsepsia. 16(2). 161-174.

Nazir M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ozkan M, Solmaz B. 2015. Mobile Addition of Gen-eration Z and its effect on their Social Lifes. Pro-cedia Social and Behavioral Sciences 205(2):92-98.

Peale NV. 2006. Berpikir Positif. Jakarta: Bina Rupa Akara.

Pieter. 2011. Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan. Jakarta: Kencana.

Purwaningsih W, Karlina I. 2009. Asuhan Keperawatan Jiwa. Jogjakarta: Nuha Medika Prees.

Rakhmat J. 2007. Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rumondor AH. 2009. Komunikasi Antar Budaya. Ja-karta: UT.

Rusmana N. 2009. Bimbingan dan Konseling Ke-lompok Di Sekolah: Metode, Teknik dan Ap-likasi. Bandung: Rizqi Press.

Santosa ET. 2015. Raising Children in Digital Era. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso S. 2015. Menguasai Statistik Multivariat. Ja-karta: Elex Media Komputindo.

Schaefer C. 2003. Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Mitra Utama.

Smith SG. 1993. Introduction to interactive Survace Design. United States of America: CADquest INC.

Spradley J, McCurdy. 1975. Cultural Experience, Ethnography in Complex Society. Chicago: Sci-ence Research Association.

Stuart GW. 2006. Pocket Guide to Psychiatric Nursing. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pen-dekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Ban-dung: Alfabeta.

Taspcott D. 2008. Grown Up Digital: How the Gen-eration is Changging Your World. London: McGraw Hill.

Turkle S. 2011. Alone Together: Why we expect more from technology and less. New York: Basic Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v6i1.2357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id