Orientasi Karir Pada Siswa SMP: Pilihan Jurusan dan Gambaran Pekerjaan di Masa Depan

Aniq Hudiyah Bil Haq, Rahayu Farida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi karir pada siswa SMP melalui pilihan-pilihan jurusan yang akan ditempuh setelah lulus dari sekolah. Subjek penelitian ini adalah 419 orang siswa SMP di dua sekolah yaitu SMP N 2 Jatiroto dan SMP N 1 Jatisrono Wonogiri Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan studi  deskriptif dalam mengetahui bagaimana orientasi karir pada siswa SMP kelas VIII di jatoroto dan jatisrono Wonogiri Jawa Tengah. Pengambilan data dengan menggunakan quesionare yang terdiri dari beberapa pertannyaan mengenai pilihan sekolah setelah lulus dari SMP, jurusan yang akan diambil dan juga cita-cita siswa di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 62, 1% siswa memilih sekolah lanjutan ke SMK  dan 22,2% siswa akan melanjutkan sekolah ke SMA dan 15,6% siswa belum memutuskan pilihan sekolah setelah lulus dari SMP. 76% siswa sudah mengetahui jurusan yang akan diambil untuk studi lanjutnya sedangkan 23,4% siswa masih belum mengatahui jurusan yang akan diambil. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa orientasi karir siswa di SMP sudah cukup baik, artinya siswa sudah mampu menentukan pilihan sekolah setelah lulus dari SMP. Dalam penelitian ini di Jatoroto dan Jatisrono banyak siswa yang akan melanjutkan ke sekolah SMK, pilihan paket keahlian yang muncul adalah 30 jurusan yang menjadi pilihan, padahal di Indonesia terdapat 142 Paket keahlian yang dapat dipilih oleh siswa SMK, sehingga diperlukan persiapan dari pihak-pihak terkait untuk memberikan informasi yang banyak mengenai kompetensi dan peluang karir siswa ketika memilih sekolah kejuruan, dan dapat mengoptimalkan proses pendidikan selama di sekolah. 


Keywords


Orientasi karir, pekerjaan, pilihan jurusan

Full Text:

PDF

References


Astuti, T., Kamaratih, D., Hamka, H., & Alamanda, K. P. (2019). Pelatihan Student Career Planning Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(1), 37–47.

Gottfredson, L. S., & Richards, J. M. (1999). The Meaning and Measurement of Environments in Holland’s Theory. Journal of Vocational Behavior, 55(1), 57–73. https://doi.org/10.1006/jvbe.1999.1697

Hirschi, A., & La, Æ. D. (2008). Increasing the career choice readiness of young adolescents : an evaluation study, 95–110. https://doi.org/10.1007/s10775-008-9139-7

Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1), 1–23.

Kumaidi, K., Farida, R., & Haq, A. hudiyah B. (2017). Skala Minat Kejuruan : Strategi Mengenali Minat Vokasi Siswa. Prosedding 6th University Research Colloqium, (pp. 553–562).

Leovani, E. (2012). Donald Super Developmental self-concept. In careersnz (Vol. 20, p. 245). https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.46

Marsella, A. J., Arulmani, G., Bakshi, A. J., & Leong, F. T. L. (2013). International and Cultural Psychology Series Editor: Handbook of Career Development.

Morris, M. L. (2016). Vocational interests in the United States: Sex, age, ethnicity, and year effects. Journal of Counseling Psychology, 63(5), 604–615. https://doi.org/10.1037/cou0000164

Nagy, G., Vock, M., & Olaf, K. (2013). Vocational interests of intellectually gifted and highly achieving young adults, 305–328. https://doi.org/10.1111/j.2044-8279.2011.02063.x

Nasimah, S. (2009). Hubungan self esteem dengan orientasi masa depan pada remaja.

Patton, W., & McMahon, M. (2006). Career development and systems theory: Connecting theory and practice. International Journal for the Advancement of Counselling, 28(2), 153–166.

Reardon, R. C., & Lenz, J. G. (1999). Holland’s Theory and Career Assessment. Journal of Vocational Behavior, 55(1), 102–113. https://doi.org/10.1006/JVBE.1999.1700

Saputri, Y. Y., Purwanti, & Yusuf, A. (2018). Orientasi karir pada peserta didik di sma negeri 1 sungai raya. Untan Pontianak.

Saputri, Y. Y., & Yusuf, A. (n.d.). Orientasi karir pada peserta didik di sma negeri 1 sungai raya, 1–9.

Strauser, D. R., Lustig, D. C., & Çiftçi, A. (2008). Psychological Well-Being: Its Relation to Work Personality, Vocational Identity, and Career Thoughts. The Journal of Psychology, 142(1), 21–35. https://doi.org/10.3200/JRLP.142.1.21-36

Sukadji, S. (2000). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok: LPSP3 UI.

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i1.2334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id