Keterampilan Sulam Tumpar Terhadap Konsentrasi Belajar Remaja Putri

Adji Apriani Widi Vantini, Dea Aldila Merida, Istiqomah Istiqomah, Putri Utami, Rini Fitriani Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi pada remaja putri setelah diberikan pelatihan teknik menyulam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Medote pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala konsentrasi yang diadaptasi dari skala konsentrasi yang dikembangkan oleh Amalia Cahya Setiani pada tahun 2014. Tes ini terdiri dari 45 aitem yang mengukur konsetrasi. Jawaban tes ini terdiri dari 5 pilihan yang disusun dalam bentuk skala Likert dan subjek diminta untuk menilai pada tingkat manakah mereka mengalami setiap kondisi yang disebutkan tersebut dalam satu minggu terakhir. Sample penelitian ini adalah remaja putri yang berkisar antara 14 sampai 15 tahun yang jumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan sulam tumpar dapat meningkatkan konsentrasi belajar, didapat nilai t = -0,191 dan nilai sig = 0,086.


Keywords


konsentersi, remaja, sulam tumpar.

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anonymous. 2009. Petunjuk Praktikum Farmakologi Kedokteran. Banjarbaru: Bagian Farmakologi FK UNLAM

Boesra. A.J. 2006. Teknik Dasar Menyulam untuk Pemula. Jakarta: PT Kawan Pustaka

Djamarah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Donggo, H.B. 2016. Keterampilan Sulam Tumpar. Samarinda

Dunnette. 2000. Ketrampilan Mengaktifkan Siswa, Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Gordon. 1999. Revolusi cara Belajar. Bandung: Kaifa

Makmun, Abin Syamsuddin. 2007. Psikologi Pendidikan (Perangkat Sistem Pengajaran Modul). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hakim. 2003. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.

Nadler. 2000. Stategic Organizations Design. USA: Harpes Collins Nurhidayah & Endah, R. 2011. lmu Perilaku dan Pendidikan Kesehatan. Medan: USU Perss.

Nursalam. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatanatan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Rifa’i, Achmad & Anni, Catharina Tri. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Robbins, 2007. Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Singer, Kurk, dkk. 2000. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono, Dr. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental; Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sunawan. 2009. Diagnosa Kesulitan Belajar (Handout). Semarang: UNNES.

Supriyo. 2008. Studi Kasus Bimbingan Konseling. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id