Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan

Muhammad Ali Adriansyah, Lisda Sofia, Rina Rifayanti

Abstract


Upaya Pencegahan terjadinya masalah lingkungan di masa depan memerlukan upaya nyata yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, salah satunya dengan menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui pendidikan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap peduli akan kelestarian lingkungan pada siswa SDN 002 Ujoh Bilang Mahakam Ulu dan SDN 042 Batu Besaung Samarinda setelah diberikan perlakuan pendidikan lingkungan hidup. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan sikap peduli akan kelestarian lingkungan pada SDN 002 Ujoh Bilang Mahakam Ulu yang mendapat perlakuan pendidikan lingkungan hidup dengan t = -0.044, sig = 0.966 > 0.050 dan mean = -0.107; tidak terdapat perbedaan sikap peduli akan kelestarian lingkungan pada SDN 042 Batu Besaung Samarinda yang mendapat perlakuan pendidikan lingkungan hidup dengan t = -0.868, sig = 0.391 > 0.050 dan mean = -1.026; tidak terdapat perbedaan pemahaman siswa terhadap sikap peduli akan kelestarian lingkungan sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan lingkungan hidup antara kelompok SDN 002 Ujoh Bilang Mahakam Ulu dan SDN 042 Batu Besaung Samarinda dengan t = -0.459, sig = 0648 > 0.050 dan mean = -1.075.

Keywords


sikap peduli lingkungan, pendidikan lingkungan hidup.

Full Text:

PDF

References


Adisenjaya, Y, H. 2008. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup: Belajar dari Alam dan Pengalaman. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Afandi, Rifki. 2013. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal pedagogia, vol. 2(1), Februari 2013 halaman 98-108.

Amemiya, K. dan Macer, D. 1999. Environmental Education and Environmental Behavior in Japanese Students Eubios. Journal of asian and international bioethics, vol. 9. p. 109-115.

Anonim. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Bandung: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2010. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhanuddin, Salam. 2000. Etika Individual. Jakarta. Rineka cipta.

Caciuc, Viorica Torii. 2013. The role of virtue ethics in training students’ environmental attitudes. Journal of procedia-social and behavioral sciences, Vol. 92, hal. 122-127.

Campbell, J. 2001. Creating Our Common Future Educating for Unity In Diversity. UNESCO Publishing/Berghahn Books.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Dwidjoseputro. 1987. Manusia dengan Lingkungan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Pengajaran

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gough, A. & Gough, N. 1969. Environmental Education in Kridel, Craig (Ed.). New York: Sage Publication.

Gul, Seyda and Yesilyurt, Selami. 2011. A study on primary and secondary school students’ misconception about greenhouse effect (Erzurum Sampling). International electric journal of environmental education, Vol. 1, No. 3.

Heriyanto, H. 2013. Akar penyebab krisis lingkungan. Materi perkuliahan filsafat lingkungan. Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014. Jakarta: Kemetrian Pendidikan Nasional. Hal. 4-5.

Keraf, S. 2010. Etika lingkungan hidup. Jakarta: PT. Gramedia Media Nusantara.

Kochhar, S.K. 1992. Methods and Techniques of Teaching. Sterling Publishers PVT, Ltd.

Kostova, Z dan Atasoy, E. 2008. Methods of Successful Learning. Environmental education journal of theory and practice in education, vol. 4(1), p48-78.

Masruri, Muhsinatun Siasah, 2002. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: UNY Press.

Meilani, R. 2009. Implementasi PLH di Sekolah Sekitar Hutan (Eksplorasi Metode dan Media Pengajaran PLH pada SDN Gunung Bunder 04 dan SDN Gunung Picung 05). Makalah penunjang dalam workshop Pengembangan Model Jaringan Kemitraan Antara Pengelola Kawasan Hutan dengan Sekolah dalam Penerapan PLH, Bogor, 18 Agustus 2009.

Muchlas Samani and Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, R. 2009. Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. PPS Unimed. Jurnal Tabularasa, Vol. 6, No. 2, hal. 175-180.

Mushlich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslicha, Anisa. 2015. Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, Vol. 16, No. 2, hal. 110-126.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamuti, Bobby, dan P. Djarkasi, A. 2014. Kajian perencanaan pengajaran mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH) pada tingkat sekolah dasar di Kota Manado. Jurnal Sabua, diakses pada tanggal 1 Oktober 2016. http://ejournal.unstrat.ac.id.

Priyanto, Yuli; M. Sasmito Djati, Soemarno and Zaenal Fanani. 2013. Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana, Vol. 16, No. 1. Hal. 41-51.

Samuel, K. dan Sundar, I. 2007. Environmental Education: Curriculum and Teaching Methods. India: Sarup & Sons.

Santoso, S. 2012. Green education in bridge card game: Alternatif pembelajaran peserta didik kelas 4 sekolah dasar pada pokok bahasan saling ketergantungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Disampaikan pada seminar nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Sarwono. J. 2006. Metode Penlitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satrosupeno, Suprihadi. 1984. Manusia, Alam dan Lingkungan. Jakarta: Depdikbud.

Simbolon, B. R. 2010. Paket materi pembelajaran inkuiri dalam pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan perilaku berwawasan lingkungan murid SD di Jakarta. Jurnal ilmu pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, vol.11(02), Maret 2010.

Stapp, William B. 1969. The Concept of Environmental Education. The journal of environmental education, vol.1, no. 1, 30-31, 1969.

Sudarwati, T.M. 2012. Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Semarang Menuju Sekolah Adiwiyata (Thesis). Universitas Diponegoro: Semarang.

Suwito, Umar. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter? Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suyanto & Jihad, Asep. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi-Erlangga Grup.

Tamara, Riana Monalisa. 2016. Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 16, Nomor 1, April 2016, hlm 44-55.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id