Penerapan Terapi Sedona Sebagai Upaya Penyembuhan Pasien Penderita Penyakit Kronis

Harlen Kartini, Lidya Natalia Gunawan, Yuniarti Yuniarti

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan terapi sedona terhadap peningkatan resiliensi penderita penyakit kronis. Target yang diharapkan dari penelitian ini yaitu kesembuhan secara menyeluruh dan peningkatan resiliensi dari pasien penderita penyakit kronis yanng menjadi subjek penelitian melalui terapi Sedona. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimental. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman penderita penyakit kronis sebanyak 32 orang yang terbagi menjadi 16 orang dalam kelompok eksperimen dan 16 orang dalam kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dengan menggunakan skala resiliensi CD-RISC (Connor-Davidson Resilience Scale). Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan one way annova untuk membandingkan skor resiliensi yang diperoleh subjek sebelum dan sesudah penerapan Terapi Sedona. Hasil analisis menunjukan hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu subjek yang diberi pelatihan terapi sedona cenderung memiliki tingkat resiliensi yang berbeda (meningkat) dibanding subjek pada kelompok kontrol yang tidak diberi pelatihan terapi sedona dengan nilai p = 0.044.

Keywords


Sedona Therapy, Chronic Disease, Resilience.

Full Text:

PDF

References


Connor, K. M. and Davidson, J. R. T. 2003. Develoment of A New Resilience Scale: The New Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18, hal:76-82.

Corner, D. E. 1995. Naturally occurring compounds in Antimicrobial in Food. Eds., by Davidson PM & Branen AL. Eds. New York: Marcell Dekker Inc. pp. 441-468.

Dossey, L. 1996. The Healing Words.: The Power of Prayer and the Practice of Medicine. New York: Harper Collins.

Dwoskin, H. 2009. The Sedona Method. Jakarta: Ufuk Press

Faiz, Z. 2008. Spiritual Emotional Freedom Technique for Healing, Success, Happiness, Greatness. Edisi Revisi. Jakarta: Afzan Publishing.

Henderson, N. and Milstein, M. M. 2003. Resiliency in schools: Making if happen for students and educator. Thousand Oaks: Corwin Press, CA.

Janas, M. 2002. Build resiliency: Intervention in school and clinic. www.Highbeam.com/library/doc3.asp. Diakses tanggal 11 November 2014.

Sarafino, E., P. 2006. Health Psychology: Biopsychology Interaction. Fifth Edition. New York: John Willey & sons.

Stengel, R. 1996. Faith and Healing. Time New York MMMDIII.

Wagnild, G., M. 2010. Discovering Your Resilience Core. www.resiliencescale.com/papers/resilience_core.html. Diakses tanggal 15 September 2014.

Xiaonan, Y. and Zhang, J. 2007. Factor Analysis and Psychometrics Evaluation of The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) with Chinese people. Social Behavior and Personality, 35 (1): 19-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v3i2.2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id