Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Diah Rahayu, Muhammad Ali Adriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dan gaya belajar dengan strategi menyelesaikan masalah mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin. Sampel penelitian adalah 90 orang mahasiswa Program Studi Psikologi. Metode pengumpulan data menggunakan skala kemandrian, skala gaya belajar, dan skala strategi menyelesaikan masalah. Tehnik analisa data menggunakan uji regresi dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya belajar dan kemandirian dengan strategi menyelesaikan masalah memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan F = 33.358, R2 = 0.434, dan p = 0.000. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara gaya belajar dan strategi menyelesaikan masalah dengan beta = 0.209, t = 3.025, dan p = 0.003. Kemudian pada kemandirian dan strategi menyelesaikan masalah memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan beta = 0.724, t = 5.583, dan p = 0.000. Tidak terdapat perbedaan strategi menyelesaikan masalah antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan. dengan p = 0.063 dan nilai rata-rata laki-laki sedikit lebih tinggi (84.33) dari perempuan (80.67). Sedangkan pada variabel kemandirian juga tidak terdapat perbedaan kemandirian antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan nilai p = 0.108 dan nilai rata-rata, laki-laki sedikit lebih tinggi (49.49) dari perempuan (47.31).

Keywords


kemandirian, gaya belajar, jenis kelamin, strategi menyelesaikan masalah

Full Text:

PDF

References


Baltes, M. M. (1995). Dependency in Old Age: Gains and Loses. Current Directions in Psychological Science. 4, (1), 549-557.

Beehr, T.A., (1995). Psychological Stress in Work Place. London: Rutledge.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Meintraub, J. K. (2001). Assessing Coping Strategies: Theoretical Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology. 56, (2), 267-283.

Chun-Shih, C., & Gamon, J. A. (2002). Relationships among Learning Strategies, Patterns, Styles, and Achievement in Web-Based Courses. Journal of Agricultural Education, 43, (4), 1 – 11.

Dacey, J., & Kenny, M. (1997). Adolescent Development. London; Brown & Benchmark.

Flippo, B. (2001). Personnel Management. Tokyo : McGraw-Hill Agakusha.

Folkman, S. (2000). Personal Control and Stress and Coping Processes: A Theoretical Analysis. . Journal of Personality and Social Psychology. 46, (4), 839 – 852.

Gardner, M. (2001). Fads and Fallacies in the Name of Science. Dover Publications, Inc

Hamilton, S. & Fagot, B. I. (1998). Chronic Stress and Coping Styles: A Comparison of Male and Female Undergraduates. Journal of Personality and Social Psychology. 55, (5), 819-823.

Honey, P. & Mumford, A. (2000). The learning styles helper’s guide. Maidenhead: Peter Honey Publications Ltd.

Jersild, A. T., Brook, J. S,. & Brook, D. W. (2000. The Psychology of Adolescence. 5rd.Ed. New York : The. Mac. Millan. Publishing Co. Inc

Johnson, R. C. & Medinnus, G. R. (1999). Child Psychology: Behavior and Development. (5th Ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Jones, F. H. (1997). Positive Classroom Instruction. New York: McGraw-Hill Book Company

Kolb D. A. (1999). The Kolb Learning Style Inventory, Version 3. Boston: Hay Group

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (2001). If It Changes It Must Be a Process: Study of Emotion and Coping During Three Stages of a College Examination. Journal of Personality and Social Psychology. 48, (1), 150 – 170.

Linclon, F. & Rademacher, B., (2006). Learning Styles of ESL Students in Community Colleges. Community College Journal of Research and Practice, 30, 485–500.

Marsudi. (1996). Kemandirian Anak Tuna Grahita Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua dan Jenis Kelamin. Tesis. (Tidak Diterbitkan). Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Masrun, M., Haryanto, F. R., Hardjito, P., Muhana., Anuryati, B., Aritonang, L., & Soetjipto, H. (1986). Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk di Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Kantor Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

McFatter, R. M. (1994). Interactions in Predicting Mood from Extraversion and Neuroticism. Journal of Personality and Social Psychology. 66, (3), 570-578.

Metia, C. (2004). Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa ditinjau dari Kemandirian dan Kematangan Vokasional. Naskah Publikasi (Tidak Diterbitkan). Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Munandar, A. S. (2004). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI-Press.

Nasir, J. A., & Mohamad, A. S. D. (2005). An Analysis of Learning Styles of Distance Learners at the Institute of Education Development, University Teknologi Mara, Malaysia. ICDE International Conference. November 19 – 23, 2005, New Delhi

Richards, M. H. & Duckett, E. 2002). The Relationship of Maternal Employment to Early Adolescent Daily Experience With and Without Parents. Child Development, 65, 225-236

Sartini, N. (1992). Kemandirian Remaja Ditinjau dari Tahap Perkembangan, Jenis Kelamin dan Peran Jenis. Disertasi. (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Schick, T. J. R., & Vaughn, L. (2001). How to Think About Weird Things: Critical Thinking for a New Age. McGraw-Hill.

Sharp JE (1997). Applying Kolb Learning Style Theory in the Communication Classroom. The Bulletin of the Association for Business Communication, 60, (2), 129–135.

Soejono, C. H. (2002). Belum memadai, Fasilitas bagi Warga Usia Lanjut. Kompas. 29 September 2002.

Smett, B., (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sternberg, R. (1996). Cognitive Psychology. Second Edition. United States of America: Harcourt Brace College.

Sularto, S. (1999). Menuju Masyarakat Baru Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Susilo, M. J. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Penerbit Pinus: Yogyakarta.

Thouless, R. H. (1997). How to Think Straight. Simon and Schuster. United States of America: Harcourt Brace College.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v3i1.2242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Psychological Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Psikostudia : Jurnal Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.