Wacana Pendidikan Seks Dalam Keluarga (Studi Pada Keluarga di Banguntapan, Bantul)

Agustin Nurmanina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orang tua berusaha mewacanakan serta menerapkan konsep-konsep pendidikan seksual yang mereka miliki kepada anak perempuannya. Subyek penelitian ini dikelompokkan menjadi informan kunci (tokoh masyarakat) sebanyak dua orang, informan utama sebanyak 10 pasang orang tua, dan 10 remaja (anak perempuan dari informan utama) sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar informan kelas pekerja trampil mempunyai kecenderungan kurang memberikan perhatian mereka pada masalah seksual anak-anaknya. Relasi kuasa yang masih kuat bertumpu pada orang tua sebagai pusat memunculkan jarak orang tua dengan anak sehingga perhatian dan kesempatan diskusi masalah seksual dengan anak sulit terbentuk. Di kelas sosial menengah bawah, implementasi pendidikan seksual didasari oleh kuasa pengetahuan yang lebih bersifat produktif dan relasi kuasa yang terjalin lebih menyebar antara orang tua dengan anak sehingga tidak selalu tumpuan kuasa terletak pada orang tua. Pada kelas menengah, relasi kuasa orang tua dengan anak yang tidak lagi bersifat represif memunculkan suasana yang dialogis dalam keluarga. Hal ini mendorong bentuk perhatian dan diskusi masalah seksual yang lebih terbuka dari anak ke orang tua maupun sebaliknya.

Keywords


pendidikan seksual, remaja perempuan, orang tua, keluarga

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irwan., 2001, Transparansi Informasi dan Pendidikan Seksual Dalam Keluarga, dalam Muhadjir Darwin dan Tukiran (ed), Menggugat Budaya Patriarkhi, Pusat Penelitian Kependudukan dan Ford Foundation, Yogyakarta.

Asy’ari, Deni, 2007, Mengoptimalkan Peran Keluarga, http://artaf.wordpress.com diakses Februari 2010.

Berger, Peter L. Dan Thomas Luckmann, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan, LP3ES, Jakarta.

Foucault, Michel, 1997, Power and Knowledge (Wacana Kuasa dan Pengetahuan), Bentang Budaya, Yogyakarta.

Foucault, Michel, 2008, La Volonte de Savoir Histoire de la Sexualite (Ingin Tahu Sejarah Seksualitas), edisi terjemah Indonesia, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Haryatmoko, 2008, Konsep Habitus dalam Mekanisme dan Strategi Kekuasaan, bahan materi kuliah umum 27 Februari 2008 Sekolah Pascasarjana Sosiologi UGM, Yogyakarta.

Khairuddin, 1985, Sosiologi Keluarga, Nurcahaya, Yogyakarta.

Koentjoroningrat, 1978, Kebudayaan, Mentalitet, dan Pembangunan: Bunga Rampai, Gramedia, Jakarta.

Matulessy dan Laily, 2004 , Pola Komunikasi Masalah Seksual Antara Orang tua dan Anak, Anima Indonesian Psychological Journal 19(2).

Pranadji, Diah Krisnatuti dan Asroheni Muharrifah, 2010, Interaksi Antara Remaja, Ayah, dan Sekolah serta Hubungannya dengan Tingkat Stres dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Volume 3 No. 1 Januari, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Strong, Bryan dan Christine De Vault, 1989, The Marriage and Family Experience, West Publishing Company, New York.

Sudiarja, A., 2003, Michel Foucault dalam Sejarah Seksualitas, Majalah BASIS Nomor 03-04 Tahun ke-52, edisi Maret-April.

Sunarjo, Jacqueline Mariae TJ, 2003, Keluarga Suatu Sejarah Kehidupan, Majalah BASIS Nomor 05 – 06 Tahun ke-52 edisi Mei – Juni.

Widjanarko, Mochamad, 1999, Seksualitas Remaja, Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v2i2.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id