Hubungan Kualitas Komunikasi Dengan Konflik Peran Ganda Istri Yang Bekerja

Lisda Sofia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi dengan konflik peran ganda istri yang bekerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan data berupa skala ordinal. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling terhadap populasi wanita bekerja yang memenuhi kriteria : wanita yang bekerja dengan jam kerja dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore, sudah berkeluarga, tinggal satu rumah dengan suami dan anaknya, serta memiliki 1-3 orang anak yang berusia di antara 0-13 tahun. Responden terdiri dari 84 wanita bekerja yang tersebar di 10 instansi di kota Samarinda. Metode pengumpulan data menggunakan skala kualitas komunikasi dan skala konflik peran ganda. Tehnik analisa data menggunakan uji korelasional Pearson dan Regresi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kualitas komunikasi berhubungan negatif dan siginifikan terhadap konflik peran ganda istri yang bekerja. Kualitas komunikasi memberikan kontribusi sebesar 46,7 persen untuk menurunkan konflik yang dirasakan istri yang bekerja akan dua peran yang ia jalani. Dengan kata lain semakin baik komunikasi yang istri jalin dengan pasangannya maka konflik peran ganda yang ia rasakan akan semakin berkurang. Analisis regresi menghasilkan bahwa kualitas komunikasi berhubungan signifikan dengan factor kurangnya keterlibatan sebagai istri dan orangtua dari variable konflik peran ganda.

Keywords


komunikasi, konflik peran ganda.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S., 2001, Penyusunan Skala Psikologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Azwar, S., 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Bell, Robert R. 1979. Marriage and Family Interaction Third edition. Illinois: The Dorsey Press Homewood

Burley-Allen, Madelyn. 1995. Listening the Forgotten Skill: A Self Teaching Guide Second Edition. Canada: John Wiley & Sons.

Chaplin, James P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. (Terjemah Dr.Kartini-Kartono). Jakarta: Rajawali Pers.

Duvall, Evelyn Millis, 1977. Marriage and Family Development. New York : .J.B. Lippincott Company Philadelpia.

Frone, M R; Russell, M; Cooper, M L. 1992. Antecedents and Outcomes of Work-Family Conflict: Testing a Model of The Work-Family Interface. Journal of Applied Psychology, Vol.77, No.1, p:65-78.

Frone, M. R., Russel, M & Cooper, M. L. 1994. Relationship between Job Family and Family Satisfaction: Causal or Noncoastal Covariate-on. Journal of Management, Vol. 20 No. 3. 565-579.

Galvin, K & Brommel, Bernard J. 1982. Family Communication: Cohesion and Change. Illinois: Scott, Foresman and Company

Greenhauss, J. H. & Beutel, N. J. 1985. Source of Conflict Between Work and Family Roles. Academy of Management Review, vol 10 No. 1, p. 76-88.

Hadi, Sutrisno, 1990. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes dengan Skala Nilai dengan Basika. Andi Offset. Yogyakarta.

Havemann, Ernest and Marlene Lehtinen. 1986. Marriages and Families: New Problems, New Opportunities. New Jersey : Prentice Hall

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Lima. Jakarta: PT. Gramedia

Lasswell, Marcia & Lasswell, Thomas. 1987. Marriage And The Family, second edition. California : Wadsworth Publishing Company

Sadarjoen, Sawitri Supardi. 2005. Konflik Marital: pemahaman konseptual, aktual dan alternatif solusinya. Bandung: PT. Refika Aditama.

Santrock, John W.1995. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup Edisi 5 Jilid I dan II_ Terjemahan Achmad Chusairi S. Psi & Juda Damanik, Drs. Jakarta: Penerbit Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v2i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id