Hubungan Konsep Diri dan Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi

Nuraida Wahyu Sulistiyani

Abstract


Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi, hal ini dapat dilihat pada kepercayaan diri dan tanggung jawab yang dimiliki oleh para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Responden dalam penelitian ini sebanyak 85 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang masih berstatus mahasiswa semester II. Alat ukur yang dipakai dalam bentuk skala, sedangkan data penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisa Regresi Ganda dengan bantuan program SPSS versi 18. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan F = 31,680 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Ada hubungan positif signifikan antara konsep diri terhadap motivasi berprestasi dengan r parsial= 0,256 dengan p= 0,019 (p < 0,005). Ada hubungan positif signifikan antara regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan r parsial= 0,701 dengan p= 0,000 (p < 0,001).


Keywords


motivasi berprestasi, konsep diri, regulasi diri

Full Text:

PDF

References


Ablard, K.E. & Lipschultz, R.E. 1998. Self regulated learning in high achieving students: Relation to advanced reasoning, achievement goals, and gender. Journal of Educational Psychology, 90, 94-101.

Burns, R. B., 1993. KonsepDiri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku (edisiBahasa Indonesia) Editor: Eddy. Jakarta: Arcan

Butler,A. C., dan Winne. 1995. A Comparison of Self-Esteem Lability

and Low Traitself-Esteem as Vulnarability Factors for Depression. Journal of Personality and Social Psychology. 66, 166-177.

Haryu. 2007. Hubungan antara pengasuhan islami dengan selfregulated

learning, motivasi berprestasi dan prestasi belajar, Tesis, (Tidak Diterbitkan) Yogyakarta: Pasca Sarjana UGM.

Mc Clelland. 1987. The Motivation. New York: Cambridge University Press

Roop, M. 1998. A New Approach to Supporting Reflective, Self-Regulated Computer Learning. New York: Macmillan Publishing Company.

Safaria, T. 2004. Tes Kepribadian Untuk Seleksi Pekerjaan. Yogyakarta: Amara Books

Schultz, Duane. 1982. Psikologi Pertumbuhan: Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Zimmerman, B.J. 1993. Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25, 3-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v1i2.2198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id