Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa

Aji Ratna Kusuma, Rizqoh Afdliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Fakultas EkonomiAngkatan 2010 Universitas Mulawarman Samarinda sebanyak 88 mahasiswa. Hasil penelitian membuktikan (1) terdapat hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (F = 9.021,  R2= 0,126, p = 0.029); (2) terdapat hubungan negatif dan signifkan antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (beta = -0.221, t = -2.189, p = 0.011); (3) terdapat hubungan positif dan signifkan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (beta = 0.312, t = 2.108, p = 0.024). Kemudian hasil analisa regresi dari pada sampel mahasiswa khusus perempuan didapatkan hasil (4) terdapat hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (F = 5.212, R2 = 0.078, p = 0.028); (5) terdapat hubungan negatif dan signifkan antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (beta = -0.220, t = -1.174, p = 0.026); (6) terdapat hubungan positif dan signifkan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (beta = 0.480, t = 1.649, p = 0.015 (7) Pada uji beda one way anova didapatkan hasil tidak ada perbedaan perilaku konsumtif antara pria dan wanita pada mahasiswa (F = 0.548 , p = 0.461). 


Full Text:

PDF

References


Baron, R. A., dan Byrne., 2005. Psikologi Sosial Jilid 1 (terjemahan Djuwita, R.). Jakarta: Erlangga.

Bernheim, D., 1994. A Theory of Conformity. Journal of Political Economy. Vol. 102, No. 51. Hal. 841- 877. http://gloury/teaching/Inequality/Bern hein.pdf (diakses pada tanggal 12 Oktober 2011)

Dunning, D., 2007. Self-Image Motives and Consumer Behavior: How Sacrosant Self-Beliefs Sway Preferenced in the Marketplace. Journal of Consumer Psychology, 17(4), 237-249. Lawrence Erlbaum Associates, Inc (diakses pada tanggal 20 Juni 2011).

Gobel, M., Schneider, A., and Thomas, T., 2006. Consumer Behavior and The Aspiration for Conformity and Consistency. Discussion Paper No. 57. Januari 2006. University of Federal Armed Forces Hamburg.

Hakim, T., 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Huraerah, A., dan Purwanto., 2006. Dinamika Kelompok, Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P., 2009. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama.

Myers, D. G., 1999. Social Psychology (6th edition). New York: McGraw Hill College.

Monks, F. J., 2000. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Schiffman, L. G., and Kanuk, L. L., 2000. Consumer Behavior, 7th Edition. Prentice Hall International, Inc.

Sumartono., 2000. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Vigneron, F., and Johnson, L. W., 1999. A Review and a Conceptual Framework of Prestige Seeking Consumer Behavior. Journal Academy of Marketing Science Review. Vol. 1999 No. 1, Hal. 3-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Psychological Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Psikostudia : Jurnal Psikologi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.