Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal

Muhammad Ali Adriansyah, Marwita Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi moralitas remaja awal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan empat subjek dan tujuh informan penelitian, diantaranya: kepala sekolah, pengasuh pondok pesantren, tokoh masyarakat dan orang tua masing-masing subjek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi remaja awal, yaitu (1) Penerapan pendidikan agama Islam di pesantren. dalam proses pembelajarannya, guru menyampaikan materi dengan jelas, sistematis, terdapat evaluasi pembelajaran dan metode pembelajaran bervariasi; (2) Interaksi sosial subjek cenderung memiliki sifat kurang terbuka, memendam masalah, pemalu dan terdapat faktor sugesti. Selanjutnya interaksi sosial guru hanya sekedar memberikan nasehat, tidak ada diskusi moral dan memberikan nasehat setelah subjek melakukan pelanggaran moral dengan cara tatap muka pribadi; dan (3) Pola pengasuhan yang diterapkan kepada subjek bersifat ambivalent.


Full Text:

PDF

References


Ali, M., dan Asrori, M. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Alkadrie. 2003. Delima Pondok Pesantren. Yogyakarta: Andi.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahan. Juz 1-30. Jakarta: Sygma

Ernawati. 2007. Integrasi Nilai Moral Agama dalam Pendidikan Budi Pekerti di SMPI Al-Azhar 3 Bintaro. Jurnal Ilmiah Keislaman, 9 (1), pp.18- 25.

Feist, J., Feist, G. J. 2008. Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iwanjazz. 2011. Kepergok Kenakan Celana Dalam Sehabis Disetubuhi Putra Ulama.

Marzukiwafi. 2011. Moral Agama sebagai Penyejuk Jiwa. Bandung: Rosda.

Muhmidayeli. 2008. Kebebasan dan Tanggung Jawab Moral: Analisis Filosofis Pencarian Pembenaran Nilai Moral dalam Kaitannya dengan Normativitas Agama. Jurnal Ilmiah Keislaman, 7 (2), pp.1-16.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. D. 2008. Human Development: Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Pribowo, M. A. 2001. Penciptaan Suasana Keagamaan di Madrasah sebagai Alternatif Pengendalian Moral Siswa di MI Nurul Islam Kalibendo Lumajang. Jurnal Kependidikan. 1 (1), 87-98.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sidharta. 2010. Sodomi atau Mairil Di Dunia Pesantren.

Sukmadinata, N. S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda.

Susilo, A., B. 2007. Waspada, Pondok Pesantren Diincar Bandar Narkoba.

Tobing, Y., Budi, S., Helfi, Y. 2004. Santri Pencuri Suku Cadang Kapal Diringkus.

Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yusran. 2008. Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum. Jurnal Kependidikan, 1 (1), pp. 105-116.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2122

Refbacks



Copyright (c) 2012 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id