Metode Pembelajaran Langsung BHD pada Kelompok Penyandang Cacat Sebagai Penolong Pertama

Elfi Quyumi Rahmawati, Moh Alimansur

Abstract


Latar Belakang & Tujuan: Penolong korban henti jantung perlu memahami dan melakukan bantuan hidup dasar dengan cepat dan tepat. Bantuan hidup dasar meliputi pengenalan tanda serangan, meminta bantuan, dan memulai pijat jantung, serta memberikan defibrilasi jika tersedia AED hingga ambulan datang mengambil alih tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pengetahuan pada kelompok disabilitas tuna sensorik terhadap Bantuan Hidup Dasar. Penelitian ini penting dilakukan mengingat minimnya akses informasi pada kelompok disabilitas tuna sensorik mengenai Bantuan Hidup Dasar pada korban henti jantung. Metode: Penelitian ini dilakukan sekretariat Gerkatin Kota Kediri tanggal 31 Agustus 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota Gerkatin Kota Kediri yang belum pernah mendapatkan materi dan praktek bantuan hidup dasar sebelumnya sejumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimental one group pre-post test design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitasnya. Pengisian kuesioner dilaksanakan sebelum dan sesudah pelaksanaan intervensi. Penelitian ini menggunakan uji statistic Wilcoxon dengan a = 0.05. Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon Mann-whitney diatas didapatkan nilai p value=0,000 yang berarti terdapat perbedaan antara pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan direct learning. Rangkaian Tindakan dalam bantuan hidup dasar dapat memberikan oksigen ke organ vital dalam tubuh (otak, jantung, serta organ vital lain) sampai bantuan dari rumah sakit memberikan bantuan hidup lanjutan. Kesimpulan: Pembelajaran yang terencana dan terstruktur dalam proses pembelajaran bantuan hidup dasar, dapat meningkatkan pengetahuan. Pemberian materi menggunakan direct learning tepat digunakan dapat meningkatkan pengetahuan, sehingga kelompok disabilitas siap memberikan bantuan hidup dasar jika diperlukan


Keywords


BHD; direct learning; sensory disability

Full Text:

PDF

References


Dwi Istiani. 2009. Kesadaran dan Self Direct Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif dalam Era Neoliberalisme. Forum Tarbiyah. Vol 7. No 2. Desember 2009

Elfi Quyumi, Moh Alimansur. 2020. Peningkatan Pengetahuan tentang New Normal pada Kelompok Disabilitas. Jurnal Idaman, Volume 4. No 2. Oktober 2020 : 95-102

Elfi Quyumi, Didik S, Erna S. 2021. Pendekatan Active Learning RJP pada Orang Awam untuk Meningkatkan Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru. Jurnal Keperawatan. Volume 13. No 2, Hal 427-432. Juni 2021.

Eric J, et all (2020). Highlights of the 2020 American Hearth Association Guidelines for CPR and ECC. USA : American Hearth Association

Hardisman. (2014). Gawat Darurat Medis Praktik. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hazinsky Mary et all. (2015). Highlight of the American Hearth Association Guidelines Update for CPR and ECC. USA : American Hearth Association

Kasim, E. V. A. R., Fransiska, A., Lusli, M., Siradj, O., Disabilitas, P. K., Sosial, F. I., … Indonesia, U. (2010). ANALISIS SITUASI PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA : SEBUAH DESK-REVIEW, (November).

Krisanty Paula dkk. (2009). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta : Trans Info Media

Nurli Rosmi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Volume 1 Nomor 2 November 2017.

RI, K. K. (2018a). PEMENUHAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, 1, No.2(ISSN 2442-7659), 269–308.

RI, K. K. (2018b). Penyandang Disabilitas di Indonesia : Fakta Empiris dan Implikasi untuk Kebijakan Perlindungan Sosial Pengantar. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, (ISSN 2442-7659).

Sawiji. 2018. Sosialisasi Dan Simulasi Resusitasi jantung paru (BHD) Bagi Muballigh Di Kabupaten Kebumen. The 7th University Research Colloqium 2018. STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif ± Progresif. Jakarta. Kencana

Trinurhilawati. 2019. Pengetahuan Resusitasi jantung paru Dan Keterampilan Tindakan Recovery Position Pada Kader Siaga Bencana. Jurnal Keperawatan Terpadu. Vol 1, No 1 April 2019.

Turambi, D. E., Kiling, M., & Supit, D. (2016, Juni). Pengaruh Pelatihan Resusitasi jantung paru (BHD) Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Siswa Kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Langowan. Buletin Sariputra, VI (2), 1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v3i2.6479

Copyright (c) 2022 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.