Evaluasi Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Rumah Sakit

Yudi Susanto, Nopriadi Nopriadi

Abstract


Latar Belakang & Tujuan: Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Rumah Sakit belum sepenuhnya dilaksanakan di RSUD Bangkinang, seperti evaluasi lingkungan kerja, pendokumentasian pemeriksaan kesehatan khusus dan berkala, resiko terjadinya Penyakit Akibat Kerja (PAK). Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan program K3 Rumah Sakit di RSUD Bangkinang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan 10 orang informan yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan dan telaah dokumen mulai bulan Februari-November 2019. Analisis data menggunakan metode content analysis. Hasil: Hasil penelitian pada komponen input: SDM K3, anggaran dan sarana K3 yang disediakan masih kurang. Pada komponen proses: Manajemen risiko, upaya keselamatan dan keamanan rumah sakit, pelayanan kesehatan kerja dan pengelolaan B3 sudah baik. Sarana pencegahan dan pengendalian kebakaran belum mencukupi. Pengelolaan prasarana sudah baik dengan adanya sumber air, listrik cadangan dan pemeliharaan berkala. Pengelolaan peralatan medis dan kesiapsiagaan bencana sudah baik. Pada komponen output: Pengawasan K3 dilaksanakan oleh internal Rumah Sakit dan masih ditemukan kasus kecelakaan kerja di RSUD Bangkinang seperti tertusuk jarum. Kesimpulan: penerapan K3 di RSUD Bangkinang telah berjalan dengan baik, tetapi belum semua sesuai dengan standar penerapan K3 menurut Permenkes No. 66 tahun 2016. Standar yang sudah dilakukan antara lain, pelaksanaan standar manajemen resiko, pelayanan kesehatan pengeloaan bahan berbahaya dan beracun (B3) pengeloaan prasarana dan pengeloaan peralatan medis sudah dilakukan dengan baik. Masih terdapat kekurangan jumlah Sumber Daya Manusia, anggaran dan sarana K3. Disarankan kepada pihak manajemen RSUD Bangkinang untuk menambah SDM di bidang K3, mengikuti pelatihan ahli K3, menambah sarana K3, serta melakukan pengawasan pelaksanaan program K3 yang sesuai dengan standar.

Keywords


Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Ardi, S.Z., Widodo, H. (2018). Analisa Penerapan Budaya Perilaku K3 di RS. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. Vol. 12 No. 1.

Alayyannur, P.A. (2018). Korelasi Komitmen Manajemen dan Pelatihan K3 dengan Pengetahuan di Rumah Sakit. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health. Vol. 2 No.2.

Ayuningtyas, D. (2014). Kebijakan Kesehatan Prinsip dan Praktik. Raja Grafindo Persada: Depok.

Buntarto. (2015). Panduan Praktis Keselamatan Dan Kesehstan Kerja Untuk Industri. Yogyakarta; PT. Pustaka Baru.

Candra, L., Dedi. W., Marian, T. (2016). Analisis Sistem Manajemen dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan tahun 2016. https://media.neliti.com.

Dameria, Hana, I. P., Vierto, I.G., Ulfa, S.M. (2018). Studi Kebijakan, Perencanaan dan Pelaksanaan (K3RS) di RSU Mitra Sejati Medan Tahun 2018. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat.http://e-journal.sari-mutiara.ac.id.

Ernawati, N., Ella, N. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Penerapan K3 pada Tenaga Kesehatan di RSIA Permata Sarana Husada Periode Februari 2015. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya. Vol.3 No.1.

Fadhila, N., Sudiro., Hanifa, M.D., (2017). Analisis Upaya Manajemen Rumah Sakit Dalam Penerapan Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pasca Akreditasi pada Sebuah RSUD di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. Vol. 5.

Handayani, L.T. (2017). Analisis Jalur Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Kepuasan Terhadap Kinerja Perawat dalam Memberikan Askep di RS di Jember. The Indonesa Journal of Health Science. Vol. 9 No. 1.

Ibrahim, H., Dwi, S.D., Munawir, A., Sunandar. (2017). Gambaran Penerapan Standar Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Al-Sihah: Public Health Science Journal. http://journal.uin-alauddin.ac.id.

Irmawati., Lily, K., Edy, S., Teni, I.N. (2019). Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Bagian Filing. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol. 7 No.1.

Ivana, Azza., Baju, W., Siswi, J. (2014). Analisa Komitmen Manajemen Rumah Sakit Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada RS Prima Medika Pemalang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip: Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Karimah, M., Bina, K., Suroto. (2016). Analisis Upaya Penanggulangan Kebakaran di Gedung Bougenville Rumah Sakit Telogorejo Semarang. https://media.neliti.com

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 1087/MENKES/SK/ VIII/2010 Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 432/MENKES/SK/IV/2007.Jakarta

Mauliku, Novie E. (2011). Kajian Analisis Penerapan Sistem Manajemen K3RS di RS Immanuel Bandung. http://www.stikesayani.ac.id.

Nazirah, R., Yuswardi. (2017). Perilaku Perawat dalam Penerapan Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Aceh. Idea Nursing Journal. Vol. VIII, No.3. ISSN: 2087-2879.

Nurfitriani, Sri., Syamsiar, R., Masitha, M. (2013). Penerapan Standar K3RS RSUD Ajappange Soppeng. http://repository.unhas.ac.id.

Peraturan Menteri Kesehatan RI NOMOR 66 tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit.

Pusparini, D., Anis, A., Hery. S. (2015). Pengelolaan Limbah Padat B3 di RS dr. Saiful Anwar Malang. http://ejournal.upnjatim.ac.id.

Rejeki, Sri. (2015). Sanitasi, Hygiene, Dan K3. Bandung : Rekayasa Sains.

Saihah, A., Agus, S., Widodo, H. (2011). Analisis Ketaatan Karyawan dalam Pemeriksaan Kesehatan Berkala di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. KES MAS. Vol. 5. No.1.

Salikunna, N.A., Vera, D.T. (2011). Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit Bersalin Pertiwi Makassar. http://jurnal.untad.ac.id.

Sucipto, C.D. (2014). Keselamatan Dan Keselamatan Kerja. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Afabeta: Bandung.

Winarti, T. (2017). Pengaruh Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja K3RS Santo Borromeus. Jurnal Akuntansi Maranatha. Vol. 10 No.2




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v3i1.6272

Copyright (c) 2021 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.