Karakteristik organoleptik dan kimia tape singkong (Manihot esculenta) varietas mentega dengan pra-perlakuan perendaman dalam sari buah nangka (Artocarpus heterophyllus)

Hudaida Syarumsyah, Hakim Alhafidz, Marwati Marwati

Abstract


Tape singkong merupakan salah satu pangan hasil fermentasi yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan sedikit mengandung alkohol dan berair. Tape singkong dengan perendaman sari buah nangka (SBN) diolah untuk mengembangkan pemanfaatan buah nangka yang umumnya mengandung senyawa fenolik dari golongan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume SBN yang digunakan untuk perendaman singkong terhadap karakteristik organoleptik dan kimia tapai yang dihasilkan dan untuk mengetahui volume SBN yang tepat dalam proses pengolahan tape singkong. Percobaan factor tunggal dalam Rancangan Acak Lengkap dengan lima taraf perlakuan dan tiga kali ulangan digunakan dalam penelitian ini. Paramater yang diamati adalah karakteristik organoleptik (hedonik dan mutu hedonik untuk warna, aroma, rasa dan tekstur) dan kimia (kadar air, kadar abu dan kadar gula). Data dianalisis menggunakan sidik ragam dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf α 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa volume SBN berpengaruh nyata terhadap sifat kimia, serta organoleptik hedonik dan mutu hedonik tape singkong yang dihasilkan. Perendaman dalam 300 mL SBN adalah perlakuan terbaik yang menghasilkan tape singkong dengan karakteristik organoleptik hedonik disukai untuk warna, aroma, rasa dan tekstur. Karakteristik organoleptik mutu hedonik tape singkong yang dihasilkan berwarna kuning, agak beraroma nangka/tape, berasa manis dan bertekstur agak keras. Karakterisitk kimianya adalah mempunyai kadar air 65,21%, kadar abu 0,73%, dan kadar gula pereduksi 4,53%.


Keywords


singkong; sari buah nangka; tape

Full Text:

PDF

References


Anto, S., Muttaqin, E.K., 2017. Lama waktu fermentasi dan konsentrasi ragi pada pembuatan tepung tape singkong (Manihot utilisma) mengandung dekstrin, serta aplikasinya pada pembuatan produk pangan. Jurnal Teknologi Pangan, 8(1): 82-92.

Apriyantono, A., Fardiaz, D., Puspitasari, N.L., Sedarnawati, Y, Budianto, S., 1989. Petunjuk Laboratorium Analisis Pangan. Pusat Antar Universitas, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Arifin, S., 2008. Ilmu Kimia dan Kegunaan Tumbuh-Tumbuhan Obat Indonesia, Jilid 1. Penerbit ITB 69, Bandung.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan, 2009. Kandungan Nutrisi Biji Nangka. Departemen Kesehatan, Jakarta.

Finallika, E., Simon, B.W., 2015. Penentuan Nilai Maksimum Respon Brem Padat Tape Ubi Kayu. Junal Pangan dan Agroindustri, 3 (2): 670-680.

Lim, T.K., 2012. Edible Medicinal and Non-Medicinal Plants. Springer, New York.

Putriyanti, D., 1990. Identifikasi Fruktosa Pada Beberapa Jenis Tape Serta Pengamatan Perubahan Mikrobiologis dan Biokimiawi Tape Singkong Selama Fermentasi. Skripsi. Prodi Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rachmawati, N., 2001. Pengaruh Penambahan Tape dan Tepung Tape Ubi Kayu (Manihot esculenta) Terhadap Mutu Organoleptik dan Umur Simpan Cake Tape Sebagai Salah Satu Untuk Memanfaatkan dan Meningkatkan Nilai Produk Tradisional. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rahmah, H.N.L., 2010. Pengaruh Waktu Fermentasi Terhadap Kadar Etanol Dari Tape Singkong (Manihot esculenta). Thesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Riadi, L., 2007. Teknologi Fermentasi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rukmana, R., 1997. Budidaya Nangka. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Sahratullah, Soelistya, D., Jekti D., Lalu Z., 2017. Pengaruh konsentrasi ragi dan lama fermentasi terhadap kadar air, glukosa dan organoleptik pada tape singkong. Jurnal Biologi Tropis, 17(1): 43-52.

Setyaningsih D., Apriyantono, A., Sari, M.P., 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press, Bogor.

Sudarmadji, S., Haryono, B., Suhardi. Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty, Yogyakarta.

Tarmizi, 2011. Pengaruh Tingkat Pencampuran Daging Buah Dengan Dami Nangka Terhadap Mutu Selai Lembaran Nangka (Artocarpus heterophyllus) yang Dihasilkan. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Andalas, Padang.

Wulandari, F., 2008. Uji Kadar Protein Tape Singkong (Manihot utilisima) dengan Penambahan Sari Buah Nanas (Ananas comosus). Skripsi Prodi Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukararta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35941/jtaf.2.2.2020.4121.90-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Agricultural Products Technology, Faculty of Agriculture, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot Kampus Gunung Kelua Samarinda - Kalimantan Timur, 75119
Phone: +62 812 5363 4777 ( Helmi Mawardi )
E-Mail: jtaf@faperta.unmul.ac.id

           jtropicalagrifood@gmail.com

 

Description: Description: Journal of Tropical AgriFoodDescription: Indonesian Association of Food Technologies (PATPI) Kalimantan Timur

This journal is jointly published by Agricultural Products Technology Department, Mulawarman University, Indonesia and Indonesian Association of Food Technologist (PATPI) Kalimantan Timur.

JTAF Today Visitors Description: Description: Creative Commons License
Journal of Tropical AgriFood by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JTAF eISSN: 2685-3604 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International

Copyright © 2024 Universitas Mulawarman

Provide by e-Journal System Portal Center of Excelllence for Tropical Studies and Manage by Wisanggeni