Studi Tentang Citra Merek, Sikap Terhadap Iklan Rokok dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Merokok

Diana Diana, Salasiah Salasiah, Laela Ismawati, Nur Syafika, Lindi Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, sikap terhadap iklan rokok, dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku merokok. Subjek penelitian ini berjumlah 105 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala model linkert. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek, sikap terhadap iklan rokok dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku merokok dengan nilai F sebesar 45.188 dan p sebesar 0.000 yang memiliki nilai kontribusi pengaruh (R2) sebesar 57.3 persen.

Full Text:

PDF

References


Davison, G. C., Neale, J. M., & Kring, A. M. (2011). Abnormal psychology (9th ed). (Noermalasari, Trans.). Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, Imam. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hasanah, A. U., & Sulastri. (2011). Hubungan antara dukungan orang tua, teman sebaya dan iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa laki-laki Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali. Gaster, 8(1), 695-705.

Kholis, N. (2011). Kisah inspirasi perjuangan berhenti merokok. Yogyakarta: Real Books.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). New Jersey: Pearson Prestice Hall.

Kustanti, & Ayuk, A. (2014). Hubungan antara pengaruh keluarga, pengaruh teman, dan pengaruh iklan terhadap perilaku merokok pada remaja di SMPN 1 Slogohimo, Wonogiri. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3(1).

Notoatmodjo, S. (2011). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkamal, E., Nursalim, & Darmawan, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku merokok siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pare-Pare. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis. 4(2).

Rochayati, S. A., & Hidayat, E. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok remaja di SMK Kabupaten Kuningan. Jurnal keperawatan Soedirman, 10(1)

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada statistik parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, l. G., & Kanuk, L. L. (2013). Consumer behavior. (8th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Setiyanto, D. (2013). Perilaku merokok di kalangan pelajar. Studi kasus tentang faktor dan dampak dari perilaku merokok pada kalangan pelajar SMA Negeri 2 Karanganyar. Karanganyar: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sinaga, N. E. S. (2016). Hubungan antara pengetahuan tentang rokok, teman sebaya, orang tua yang merokok, dan iklan rokok terhadap perilaku merokok pada mahasiswa Akademi Kesehatan X di Rangkasbitung. COPING, 4(2)

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyo. (2014). Kebutuhan dasar manusia (oksigenasi). Tangerang: Graha Ilmu

Tjiptono, F. (2011). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tobacco Control Support Center, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC IAKMI). (2015). Fakta tembakau dan permasalahannya di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v10i2.5721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License