Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim Samarinda

Muhammad Aminuddin

Abstract


Latar Belakang: Prestasi belajar adalah  kemampuan seseorang pada bidang tertentu dalam mencapai tingkat kedewasaan yang langsung dapat diukur dengan tes (Tu’u, 2004). Salah satu faktor fisiologis yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu siswa perlu memperhatikan serta memelihara kesehatan badan atau fisik. Dalam upaya menjaga kesehatan badan, mahasiswa perlu memperhatikan pola makan dan juga pola tidur yang bertujuan untuk melancarkan metabolisme tubuh, memelihara kesehatan fisik bahkan untuk meningkatkan ketangkasan (Puspita, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kualitas Tidur dengan Prestasi  Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim Samarinda. Metode: Dua puluh empat responden yang merupakan mahasiswa berstatus aktif, bertempat tinggal di asrama Akper Pemprov Kaltim diukur kualitas tidur dan prestasi belajarnya menggunakan Pittsburgh  Sleep  Quality  Index (PSQI) dan indeks prestasi semester, menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dengan metode cross sectional. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar pada mahasiswa yang diuji menggunakan fisher's exact, yang didapatkan nilai p=0,208. Hal ini memiliki arti  p value > α 0,05, maka Ho diterima sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat faktor  lain yang  menyebabkan  remaja  memiliki  prestasi belajar  selain  kualitas  tidur,  misalnya  disebabkan  oleh  faktor  individu (kognitif  dan  fisik)  dan  lingkungan  (Kampus,  Rumah,  dan  lingkungan tempat tinggal) dan lain-lain. Simpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim Samarinda. Walaupun demikian, kualitas tidur pada remaja tetaplah harus ditingkatnya karena sangat mempengaruhi ketahanan fisik, ketangkasan yang secara tidak langsung mempengaruhi intelegensia.

Kata Kunci : Kualitas Tidur, PSQI, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Aini, N. 2011. Hubungan Antara Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sma Dharma Pancasila Medan. Universitas Sumatra Utara.Jurnal Kedokteran dan Kesehatan

Aulyanti, F. 2013. Gangguan pola tidur pada pasien toodler dengan perawatan diare di Rs Ibu dan Anak Annisa Tangerang tahun 2005. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2, (1), 11-12

Buysse, D.J., Reynold III, C.F., Monk, T.H., Berman, S.R., & Kupfer, D.J.1989. Pittsburg Sleep Quality Indeks (PSQI). Diakses dari: http://findarticles.com/p/articles/mimOFSS/is_4_12/ai_n18616017(Diperoleh pada 19 Mei 2014)

Gunawan, A.W. 2005. Apakah IQ anak bisa di-tingkatkan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hakim,T. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta :Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hidayat, A.A. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar manusia. Jakarta: Salemba Medika.Hirmawan, S. 2004. Kumpulan Kuliah Patologi. Jakarta: UI

Lahey, B. B. 2007. Cognition, Language and Intelligence. In: Barrosse, E., ed.Psychology: An Introduction 9th edition. New York: Mc Graw Hill

Lima. 2009. Changes of Sleep Habits of Medical Students According to Class Starting Time: A Longitudinal Study. Available from: http://www.icb.usp.br/~flass /hypnos/ vol001/HYP2-2002.pdf [diperoleh 26 Mei 2011].

Listiani, P. 2005. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Iklim Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMK Negeri 5 Semarang, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Available from:http://digilibunnes. .ac.id/ gsdl/collect/skripsi/import/640.pdf [diperoleh 26 Mei 2014].

Notoadmodjo, S., 2010. Metode Pengambilan Sampel. In: Notoadmodjo, S., ed. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rev ed. Jakarta : Rineka Cipta. p. 125.

Panduan Akademik Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim.2015

Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan tinggi

Potter & Perry. 2005. Fundamental Keperawatan :Konsep,Proses, dan Praktik. (4). Jakarta : EGC.

Puspita. D.W. 2012. Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan Pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansiSiswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta. Universitas negeri Yogyakarta.

Saputra, L. 2012. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Binarupa Aksara

Setiadarma. (2003). Bahaya Rokok.Depok: Arya Duta

Suryabrata S., 2004. Psikologi Pendidikan. P.T. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Syah, M., 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia.

Wahyuningsih, A.S., 2004. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia

Wasis. 2008. Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Keperawatan. EGC. Jakarta.

Wavy, W. 2008. The Relationship between Time Management, Perceived Stress, Sleep Quality and Academic Performance among University Studentd. http:/libproject.hkbu.edu.hk/trisimage/hp/ 06636306.pdf (diperoleh 20 Mei 2014)

Wolfson, A.R, Carskadon, M.A. 1998. Sleep Schedules and Daytime Functioningin Adolescent. Available from: http://www.jstor.org/pss /1132351 (diperoleh 26 Mei 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v1i1.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 https://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Google-Scholar.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Garuda.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Ios.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Base.png