Efektifitas Metode Ceramah Dan Metode Leaflet/Brosur Terhadap Tingkat Pemahaman Ibu-Ibu Post Partum Tentang Asi Ekslusif

Muhammad Aminuddin

Abstract


Tingkat pemahaman ibu-ibu post partum tentang ASI ekslusif mempengaruhi pemberian ASI secara ekslusif oleh ibu-ibu post partum. Tingkat pemahaman tentang ASI ekslusif dapat diperolah melalui informasi yang diterima oleh ibu melalui media cetak, elektronik berupa iklan, penyuluhan atau lainnya. Informasi yang diberikan untuk meningkatkan pemahaman ibu post partum di RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda melalui penyuluhan atau ceramah dan pemberian brosur/leaflet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode ceramah dibandingkan dengan metode brosur/leaflet terhadap tingkat pemahaman ibu post partum tentang ASI ekslusif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 – 12 Juli 2014 di ruang Mawar RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda dengan 30 responden dengan metode pengambilan sampel convinience sampling. Responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 responden yang telah mendapat ceramah dan 15 responden yang telah mendapatkan brosur/leaflet. Desain penelitian yang digunakan deskriptif perbandingan, menggunakan uji t-test. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa ibu-ibu post partum yang telah mendapatkan brosur/leaflet tingkat pemahamannya tentang ASI ekslusif terbanyak berada pada kategori baik (49,6) sedangkan ibu-ibu post partum yang mendapatkan ceramah tingkat pemahamannya terbanyak berada pada kategori sedang (44,26). Dengan uji t-test didapatkan nilai t hitung (2,251) > nilai t tabel (2,048) pada df = 28 dan á = 0,05 yang berarti menunjukkan ada perbedaan yang bermakna antara metode ceramah dan metode brosus/leaflet dengan tingkat pemahaman ibu post partum tentang ASI ekslusif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman ibu post partum tentang ASI ekslusif dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain; usia, tingkat pendidikan, jenis / metoda pengajaran dan lain-lain.

 

Kata Kunci : Asi Ekslusif, Post Partum, Leaflet, Ceramah

Full Text:

PDF

References


Biro Pusat Statistik, BKKBN dan Depkes RI. (2013). Survey demografi dan kesehatan indonesia. Jakarta.

Depdikbud. (2010). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depkes RI. (2000). Pedoman teknis pelayanan kesehatan dasar; pelayanan kesehatan neonatal esensial. Jakarta : Depkes

Faulyah, E. (1998), Pendidikan kesehatan (health education), Bagian dari kuliah mata ajaran : keperawatan komunitas FIK UI. Jakarta.

Hanifa Wiknjosastro.(2006). Ilmu kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Hasibuan, J.J. & Moejiono. (2002). Proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kozier, et al. (2012). Fundamental of nursing : Concepts, Process and Practice, ninth edition. Redwood city : Addison-Wesley Nursing.

Harjono, et al. (2010). Kamus kedoteran dorlan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Lawrence, R.A. (1989). Breast feeding, a guide for the medical profession, 3rd edition. Toronto : C.V. Mosby Company

Lawrence, R.A. (2012) Breastfeeding--a public health issue, not just a matter of choice. Breastfeed Med. Vol. 7(2):67-8.

Maria, S. (2000). Cara merawat bayi dan anak-anak. Bandung : Pionir Jaya

World Health Organization. (1988). Pendidikan kesehatan. Bandung : Penerbit ITB

Nadesul. H. (2000). Makanan sehat untuk bayi. Jakarta : Puspa Swara

Roesli U. (2007). Mengenal asi ekslusif. Jakarta : Trubus Agriwidya.

Sabri, L. dan Hastono, S.P. (2009), Modul biostatistik & statistik kesehatan. Jakarta : Program Pasca Sarjana FKM UI

Santosa, H. (2009). ASI petunjuk untuk tenaga kesehatan; faktor-faktor kekebalan di dalam air susu ibu. Jakarta : Penernit Buku Kedokteran EGC.

Sastroasmoro, S. dan Ismael, S. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Jakarta : Binapura Aksara

Sugiyono. (2001).Metode Penelitian Administrasi. Cetakan kedelapan. Bandung. Penerbit Alpha Betha.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v1i2.3584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 https://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Google-Scholar.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/e2a1Garuda.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Ios.pnghttps://upload.unmul.ac.id/uploads/6e88Base.png