PENGEMBANGAN APLIKASI AUDIT SISTEM INFORMASI BERDASARKAN DOMAIN ACQUIRE AND IMPLEMENT (COBIT FRAMEWORK) DI RUMAH SAKIT XXX

Sultani Sultani

Abstract


Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas publik diharapkan dapat memberikan pelayanan Sistem Informasi secara optimal kepada masyarakat. Penggunaan e-hospital (Rumah Sakit yang berbasiskan teknologi informasi) akan membuat masyarakat tidak akan melihat lagi orang antri untuk melakukan transaksi dan administrasi yang sangat panjang dan lama pada Rumah Sakit. Standar, prosedur dan evaluasi kerja secara komprehensif dan berkesinambungan dengan mengacu pada salah satu standar internasional berupa COBIT Framework akan dapat menciptakan e-hospital yang efektif.
Untuk mendukung kegiatan dan harapan Stakeholder (pemerhati TI yang meliputi tenaga medis, perawat, staf, pasien dan masyarakat umum), Rumah Sakit senantiasa menggunakan Sistem Informasi sebagai sarana untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Terbukti Rumah Sakit ini telah dapat melakukan, memanfaatkan serta berhasil mengimplementasikan teknologi informasi secara efisien dan efektif. Tetapi masih sulit juga identifikasi, diketahui dan diukur karena salah satu penyebabnya adalah belum digunakannya standar ukuran kerja yang rinci, sistematis, terukur dan telah diuji baik secara akademis maupun manajerial rumah sakit, sehingga diperlukan suatu standar prosedur dan evaluasi kerja secara sistematis yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui dan membandingkannya dengan menggunakan COBIT Framework dengan menggunakan aplikasi khususnya pada domain Acquire and Implement (AI). Pemanfaatan sistem informasi yang dilakukan selama ini hanya mengacu pada kebutuhan unit-unit jangka pendek, sehingga seringkali terjadi ketidaksesuaian sistem antara satu unit dengan unit lainnya. Berdasarkan informasi tersebut, maka diperlukan suatu pengukuran kinerja yang mengacu pada kerangka kerja. Pengukuran ini nantinya dapat membantu proses evaluasi implementasi Sistem Informasi di Rumah Sakit dan membantu pengambilan keputusan pimpinan dalam membangun dan mengembangkan pelayanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan kepada masyarakat. Serta sebagai evaluasi kebutuhan sistem dan rencana pengembangan sistem berdasarkan hasil audit atau analisis COBIT framework berdasarkan domain AI (Acquire and Implement).


Full Text:

PDF

References


Gallegos , F. 2004. Information Technology Control and Audit Auerbach Publications, A CRC Press Company, Boca Raton, London, New York, Washington, D.C, edisi kedua.

IT Governance Institute (2008b), “COBIT Mapping: Mapping of ITIL v3 With COBIT 4.1”, IT Governance Institute.

Ron, W. 2002. Information System Control and Audit, Willey

Sabarguna, M, dan Boy. 2005. S.Sistem Informasi Rumah Sakit, Penerbit Konsorsium Rumah Sakit Jateng – Yogyakarta.

Saptadi, N.T. 2007. Evaluasi Implementasi Teknologi Informasi Pada Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta Menggunakan Cobit Framework dan Expert Choice. Tesis Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Setiawan, A. 2009. Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta dengan Menggunakan COBIT Framework. Tesis Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. 2008

Surendro, Kridanto (2009), “Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi”, Penerbit Informatika, Bandung

Weill, Peter dan Ross, Jeanne W (2004), “IT Governance; How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results”, Harvard Business School Press, Boston

Wiryomartani, Robert Harnanto “ Information System Audit Model On Planning and Implementation” Bandung: Institute Teknologi Bandung 2004.

Zuhal. Kecenderungan Perkembangan IPTEK dalam Perspektif Global. Makalah Seminar Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Jakarta. 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v7i2.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.