SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMATERI PELATIHAN DENGAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) TSUKAMOTO (Studi Kasus : Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Samarinda)

Hamri Effendi, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Pemilihan pemateri pelatihan di Himpunan Mahasiswa Islam Samarinda yang awalnya masih menggunakan cara manual menimbulkan beberapa masalah seperti keterlambatan konfirmasi, kesulitan penilaian, dan tidak adanya panduan akurat mengenai kriteria apa saja yang harus dinilai. Sistem ini dibangun untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut. Sistem dibangun dengan basis website yang dapat diakses kapanpun diperlukan. Konsep sistem ini adalah Sistem Penunjang Keputusan, yang menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto sebagai solusi untuk penanganan ketidakpastian/kesamaran data dalam penentuan pemateri pelatihan dalam proses perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Samarinda.
Metode yang digunakan pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, antara lain: studi pustaka, observasi, dan wawancara. Penelitian ini telah menghasilkan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Pemateri Pelatihan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Samarinda. Pengguna hanya diminta memasukkan penilaian obyektif terhadap masing-masing kandidat pemateri yang dibagi dalam beberapa kriteria, kemudian sistem yang mengerjakan perhitungan sampai dengan menghasilkan keluaran berupa rekomendasi berdasarkan ranking siapa saja yang dapat dipilih sebagai pemateri. Dengan dibangunnya sistem ini akan membawa manfaat bagi segenap pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Samarinda dalam proses perkaderan, dan dapat menjadi awal pengembangan organisasi menuju organisasi berbasis teknologi dan informasi.


Full Text:

PDF

References


Firdaus. 2007. 7 Jam Belajar Interaktif PHP & MySQL dengan Dreamweaver. Palembang : Maxicom.

Kadir, A. 2003. Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi, S., dan Purnomo, H. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha ilmu.

Nugroho, B. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis Dengan PHP Dan MySQL (Studi Kasus Membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Buku). Yogyakarta : Gava Media.

TIM. 2004. Panduan Pelaksanaan Latihan Kader I Himpunan Mahasiswa Islam. Jakarta : Badan Koordinasi Nasional Lembaga Pengelola Latihan.

Turban, E. 2005. Decision Support and Expert System. Edisi Indonesia.

Wang, L. 1997. A course in Fuzzy Systems Control. Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v7i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.