PERBANDINGAN METODE VIGENERE DAN AFFINE UNTUK PESAN RAHASIA

Hamdani Hamdani

Abstract


Banyaknya metode pada kriptografi menjadi pilihan dalam mengembangkan sistem pengamanan data pada pengiriman pesan rahasia (secret message). Suatu aplikasi pesan rahasia dapat diterapkan pada ilmu kritografi, kriptografi adalah studi mengenai ilmu dan seni dalam rangka menjaga keamanan data atau informasi yang dikirim serta merupakan ilmu untuk bagaimana memecahkan pesan yang terenkripsi (tersamar). Kriptografi juga merupakan ilmu seni penenksripsian dan deskripsian data dapat berupa teks, gambar, atau suara. Tujuan penerapan kriptografi adalah untuk membuat sesuatu yang tersembunyi, dapat suatu pesan rahasia berupa teks, suara, gambar dan video.
Perbandingan metode dapat diterapkan dalam membedakan tingkat keamanan pada metode vigenere dan affine di ilmu kriptografi untuk membuat aplikasi yang berguna mengirim pesan rahasia. Kebutuhkan agar setiap pesan yang dimiliki tidak dapat dibaca langsung oleh pembajak. Perbandingan metode juga bertujuan dalam mengupayakan mencari suatu metode yang tepat dan lebih baik untuk menyamarkan pesan rahasia. Pengembangan sistem menggunakan metode vigenere dan affine dapat digunakan untuk membuat suatu pesan rahasia dengan inputan kunci yang berbeda dengan inputan pesan Plaintext yang sama. Pengirim (sender) pesan teks asli (Plaintext) berupa suatu kalimat yang dienkripsi oleh kriptosistem untuk mengacak pesan aslinya dengan memberikan kunci (key) menjadi ciphertext dan dapat dikembalikan ke pesan aslinya atau didekripsikan. Adapun kunci pada vigenere burupa huruf alphabet sedangkan kunci pada affine menggunakan angka dengan bilangan prima.


Full Text:

PDF

References


Hamdani. 2007. Tugas Aplikasi Kriptografi, Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hamdani. 2012. Penerapan Metode Vigenere Pada Kriptografi Klasik untuk Pesan Rahasia. Volume 7 Nomor 1 Edisi Februari. Hal. 23-26.

Munir, R. 2006, Kriptografi, Informatika, Bandung.

Piper, F dan Sean, M. 2002. Cryptography, A Very short Introduction. Oxford.

Stalling, W. 1998. Cryptography and Network Security, Principle and Practice 2nd Edition. Pearson Education, Inc.

Septiarini, A. dan Hamdani. 2011. Sistem Kriptografi Untuk Text Message Menggunakan Metode Affine” Volume 6 Nomor 1 Edisi Februari. Hal. 50-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/jim.v7i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Editor Informatika Mulawarman Address:
( p-ISSN: 1858-4853 | e-ISSN: 2597-4963 )

Organized by: Computer Science Department -  Mulawarman University
Published by: Faculty Computer Science and Technology Information (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (085246436015)


Creative Commons License
JIM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.