SEGMENTASI KARAKTER MENGGUNAKAN PROFIL PROYEKSI

Anindita Septiarini

Abstract


Karakter merupakan bagian dari suatu teks, dimana keberadaan teks dapat kita jumpai diberbagai tempat. Karakter dapat kita jumpai pada suatu dokumen, media cetak maupun pada gambar. Untuk pengambilan teks atau karakter pada suatu gambar diperlukan adanya proses segmentasi. Proses segmentasi karakter bertujuan untuk mendapatkan area karakter tunggal yang nantinya dapat digunakan pada untuk sistem pengenalan karakter. Hasil dari keseluruhan proses segmentasi ini bertujuan untuk mendapatkan kumpulan citra karakter tunggal.
Pada penelitian ini proses segmentasi karakter dilakukan dengan menggunakan metode binerisasi dan profil proyeksi. Metode binerisasi yang digunakan berupa binerisasi manual, dimana user menentukan sendiri nilai ambangnya, sesuai dengan warna background maupun karakter yang ada pada suatu citra.
Untuk tahap pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa file citra dengan format .jpeg, dimana beberapa citra memiliki warna background dan karakter yang berbeda. Perbedaan tersebut bertujuan untuk mengetahui ketahanan dari metode yang diusulkan. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa metode yang diusulkan untuk proses segmentasi karakter dapat menghasilkan citra karakter tunggal yang cukup baik dengan akurasi hingga 90%.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. U, 2005, Pengolahan Citra Digital da Teknik Pemrogramannya, Graha Ilmu.

Gonzalez. R. C. dan Woods. R. E., 2001, Digital Image Processing, Addison-Wesley Publishing.

Munir. R, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika Bandung.

Widiarti. A. R, 2006, Pengenalan Citra Dokumen Sastra Jawa Konsep dan Implementasinya, Tesis-S2 Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v7i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.