KAJIAN TENTANG INTEGRASI 'GIS PARTICIPATORY-DECISION SUPPORT' DALAM MANAJEMEN TATA RUANG SUATU WILAYAH

Fahrul Agus

Abstract


Ruang adalah wadah yang dapat berupa ruang daratan, ruang lautan, dan ruang udara sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lainnya hidup dan melakukan kegiatan serta memelihara kelangsungan hidupnya. Proses pembangunan yang dilakukan baik oleh pemerintah, swasta dan pelaku lainnya akan banyak memerlukan ruang sebagai wadah untuk pelasanaan pembangunan itu sendiri.
Agar proses pembangunan yang dilakukan pada suatu wilayah ruang tertentu dapat memberi dampak positif kepada kesejahteraan masyarakat banyak, sebaiknya dilaksanakan dengan mangacu kepada perencanaan penempatan ruang yang tepat. Perencanaan tata ruang yang tepat dihasilkan dengan proses kolaborasi dan harus melibatkan seluruh masyarakat agar keputusan yang dihasilkan atas perencanaan penempatan ruang tersebut dapat mewakili seluruh kepentingan kelompok masyarakat dan penduduk setempat. Makalah ini melakukan sebuah kajian berdasarkan pada referensi yang ilmiah terhadap kemungkinan penerapan teknologi informasi khususnya perangkat lunak Sistem Informasi Geografi yang berbasis Web dan partisipatif untuk digunakan sebagai alat argumentasi berbasis ruang serta penerapan metode analisis keputusan multikriteria untuk menentukan kecocokan / kesesuaian penetapan perencanaan ruang suatu wilayah.


Full Text:

PDF

References


Michael G.W. dan John S. Geospatial Technology Education. Journal of Forestry. Bethesda, Vol. 105 Jun 2007.

Boroushaki S. dan Malczewski J. Participatory GIS: a web-based collaborative and multicriteria decision analysis. Urisa Journal, Jan 2010.

Husien R. Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. http://www.ilmukomputer.com. 2008.

PP 54 tahun 2008 tentang Sistem Penataan Ruang Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabek Punjur)

Subanu L. Proses dan Produk Perencanaan Tata Ruang dan Implementasinya. Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional Universitas Gadjah Mada. Juni 2010.

Prahasta A. Sistem Informasi Geografi, Konsep-Konsep Dasar, Perspektif Geodesi dan Geomatika. Penerbit Informatika. 2009.

Web-PPGIS usability and public engagement: a case study in Canmore, Alberta, Canada.(Case study). Urisa Journal 2010

UU 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v7i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.