DESAIN TEKNIS JARINGAN TULANG PUNGGUNG 'WIRELESS' UNIVERSITAS MULAWARMAN

Fahrul Agus, Abdul Basyir

Abstract


Diperlukan adanya desain khusus berupa rancangan keterhubungan (interkoneksi) beberapa jaringan yang menggunakan media tanpa kabel (Wireless), sehingga desain ini menjadi gambaran dalam pengembangan jaringan utama kampus Universitas Mulawarman (Unmul). Berkembangnya jaringan Local Area Network dan jaringan internet di Unmul yang semakin membesar membutuhkan adanya perluasan dan jalur cadangan (backup) terhadap jaringan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk membuat rancangan jaringan tulang punggung (backbone) wireless sehingga menghasilkan desain teknis sebuah jaringan yang saling berhubungan dengan jaringan yang ada dan mengimplementasikannya sesuai dengan teknik desain tersebut. Metode yang digunakan adalah wawancara secara langsung dengan administrator jaringan di UPT. Distance Learning, pengamatan secara langsung di lingkungan disertai dengan sumber data terkait. Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah desain topologi baru berupa Backbone Jaringan Wireless yang menghubungkan beberapa fakultas yang belum terhubung dan mengevaluasi semua koneksi yang ada serta menjadi alternatif apabila backbone jaringan utama (Fiber Optik) terjadi gangguan dan diharapkan bisa mengatasi masalah interkoneksi yang ada saat ini.

Keywords


Perancangan, Jaringan Komputer, Backbone, Wireless

Full Text:

PDF

References


Dharma Oetomo, Budi Sutedjo. 2004. Konsep dan Perancangan Jaringan Komputer. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Wowok. 2008. Antena Wireless Untuk Rakyat. Penerbit ANDI. Jogjakarta.

Maulana, Arman. 2007. Firewall Komputer. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Purbo, Onno W. 2005. Konsep Sederhana Jaringan Komputer. Penerbit ANDI. Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v6i3.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.