STEGANOGRAFI PADA VIDEO MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DAN END OF FILE (EOF)

Ulan Ari Anti, Awang Harsa Kridalaksana, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Steganografi adalah teknik dan seni untuk menyembunyikan pesan atau informasi dalam suatu media, seperti teks, gambar, audio ataupun video yang bertujuan untuk menghindari kecurigaan dari orang yang tidak berhak. Untuk itu diperlukan sebuah perangkat lunak yang dapat menyembunyikan informasi yang bersifat rahasia pada sebuah media yaitu video. Penyembunyian data pada file video dikenal dengan istilah steganografi video. Metode steganografi yang dikenal diantaranya metode Least Significant Bit (LSB) dan Metode End Of File (EOF). Tujuan penelitian yakni untuk mengimplementasikan metode LSB dan EOF untuk menyisipkan pesan teks ke dalam file video. Hal ini diperlukan karena sering terjadi bahwa pesan teks yang dikirim merupakan suatu pesan rahasia yang tidak boleh diketahui sembarang orang. Dua metode yang dapat digunakan adalah Metode LSB dan metode EOF. Metode LSB bekerja dengan mengganti bit terakhir kode biner citra dengan kode biner pesan, sedangkan metode EOF bekerja dengan menambahkan nilai desimal pesan ke dalam pixel citra terakhir. Kelebihan metode LSB adalah ukuran dimensi video yang mengandung pesan tidak berubah, sedangkan kekurangannya adalah kapasitas pesan yang akan disisipkan terbatas sesuai dengan jumlah frame. Sebaliknya metode EOF mempunyai kelebihan dapat menyisipkan pesan dalam jumlah yang tidak terbatas, sedangkan kekurangannya adalah dimensi video akan bertambah

Keywords


Steganografi; Video; Embedding; Extraction; EOF; LSB.

Full Text:

PDF

References


Maula, Ismiatul. 2016. Steganografi Teks Pada Video Menggunakan Metode End Of File (EOF). Skripsi. Universitas Mulawarman.

Hendrawati. 2013. Keamanan Data Dengan Menggunakan Algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Steganografi Pada Citra Digital. Skripsi. Univeristas Mulawarman.

Agrawal, V.K. 2007. Perceptual Watermarking of Digital Video using The Variable Temporal Length 3D-DCT. Thesis. Department of Electrical Engineering, Indian Institute of Technology, Kanpur

Ariyus, D. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Andi.

Vembrina, Y. (2006). Spread Spectrum Steganograpy. Bandung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Rahim, M. 2006. Teknik Penyembunyian Data Rahasia Dengan Menggunakan Citra Digital Sebagai Berkas Penampung. Semarang : Universitas Diponegoro.

Agutaviana, ilmia. 2012. Aplikasi Pesan Rahasia Berbasis Web Menggunakan Vigenere Chiper Dan Steganografi End Of File . Skripsi. Universitas mulawarman

Edisuryana, M., Isnanto, R.R., Somantri, M.. 2013. Aplikasi Steganografi Pada Citra Berformat Bitmap Dengan Menggunakan Metode End Of File. Jurnal Teknik Elektro. Universitas Diponegoro Semarang.

Sukrisno, U. E. (2007). Implementasi Steganografi Teknik EOF Dengan Gabungan Enkripsi Rijndael, Shift Cipher dan Fungsi Hash MD5. In Seminar Nasional Teknologi (SNT).

Ida Ayu Laksmi Dewi. 2015. Frame Rate Minimum Pada Video Tanpa Kompresi Menggunakan Normalized Frame Difference Sebagai Pendeskripsi Intensitas Gerak. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/HVU6J

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Editor Informatika Mulawarman Address:
( p-ISSN: 1858-4853 | e-ISSN: 2597-4963 )

Organized by: Computer Science Department -  Mulawarman University
Published by: Faculty Computer Science and Technology Information (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (085246436015)


Creative Commons License
JIM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.