PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA APLIKASI PENENTUAN PILOT PADA RUTE PENERBANGAN

Ria Angdra triwulandari Damping, addy Suyatno, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Perkembangan industri transportasi saat ini sudah sangat berkembang karena kecepatan dan pelayanan yang sangat baik membuat transportasi udara makin digemari. Hal tersebut juga sangat mempengaruhi jam kerja awak pesawat terutama pilot yang akan mengalami peningkatan jam kerja sesuai dengan banyaknya jumlah penerbangan yang harus dilayani. Penjadwalan jam kerja seorang pilot tidak dapat diserahkan kepada sembarang pihak dan tentunya telah diatur oleh pihak profesional. Sistem pendukung keputusan merupakan satu dari berbagai solusi pada kasus ini. Penerapan metode Simple Additive Weight (SAW) pada aplikasi penentuan pilot pada rute penerbangan selanjutnya. Dengan menggunakan aturan penerbangan, dan kebutuhan maskapai penerbangan yaitu: batas jam terbang dalam 24 jam, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, dan batas jam kerja pilot dalam 1 hari yang kemudian akan dijadikan indikator pada metode SAW. Bobot merupakan input pengguna aplikasi sesuai dengan tingkat kepentingan maskapai penerbangan. Data pilot, dan data penerbangan pada aplikasi ini disediakan oleh pengguna aplikasi. Sistem akan melakukan pencarian untuk penerbangan yang belum memiliki data pilot. Sistem memberikan output akhir berupa jadwal penerbangan yang dapat di ekspor dalam bentuk ekstensi pdf sebagai bentuk laporan untuk penerbang.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusa; Metode Penjumlahan Terbobot; Penerbangan; Pilot; Jadwal;

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Perkembangan Transportasi Nasional Desember 2016 [pdf]. dalam : https://www.bps.go.id/website/brs_ind/brsInd-20170201113419.pdf [diakses pada 20 Februari 2017]

Kementrian Perhubungan. 2016. CASR Part 121 Amdt. 10 - Certification and Operating Requirements Domestic, Flag and Supplemental Air Carrier [pdf], dalam: http://hubud.dephub.go.id/?id/dsku/download/6684 [diakses pada 4 April 2016]

Khoiruddin, M. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kepribadian Menurut Hippocrates dengan Menggunakan Metode AHP dan Profile Matching. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Jakarta : Graha Ilmu.

ICAO. t.t. About ICAO, [online] dalam: http://www.icao.int/about-icao/Pages/default.aspx [Diakses pada 24 November 2015].




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/FU5WN

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Editor Informatika Mulawarman Address:
( p-ISSN: 1858-4853 | e-ISSN: 2597-4963 )

Organized by: Computer Science Department -  Mulawarman University
Published by: Faculty Computer Science and Technology Information (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (085246436015)


Creative Commons License
JIM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.