Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA

Tisa Magrisa, Kartina Diah Kusuma Wardhani, Maksum Ro’is Adin Saf

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu bagian internal dari proses belajar yang menekankan pada kebutuhan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan mendorong perkembangan potensi pada anak didik agar mencapai taraf maksimum. Banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada sekolah tersebut membuat siswa sulit untuk menentukan kegiatan ekstrakurikuler apa yang harus diikuti, sehingga tidak jarang siswa tersebut salah memilih ekstrakurikuler dan tidak sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Salah satu solusi untuk membantu para siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler adalah dengan menggunakan sistem pendukung keputusan pemilihan kegiatan ekstrakurikuler dengan Metode Simple Multy Atribute Rating Technique (SMART). Metode SMART yang digunakan pada pembuatan sistem pendukung keputusan kegiatan ekstrakurikuler ini  telah mampu menjawab masalah yang ada dengan adanya respon dari responden sebesar 83,415% sangat setuju bahwa sistem ini mampu membantu siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler.


Keywords


Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler, SMART, Sistem Pendukung Keputusan

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. W. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Metode SMART Pada MAS PAB 1 Sampali. Teknik Informatika. STMIK Budidarma Medan.

Atiqah. (2013). Implementasi Metode SMART Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembelian Mobil Keluarga. Teknik Informatika. STMIK Budi Darma Medan.

Azhari, P. (2012). Hubungan Formal Warming Up Dengan Kesiapan Mengikuti Kegiatan Inti Dalam Permainan Sepak Bola : Studi Ex Postfacto Pada Siswa di SMA N 1 Jatinangor. Universitas Pendidikan Indonesia.

Novianti, D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda). Universitas Mulawarman.

Suryanto. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Teknik Informatika. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Wardhani, K. D. (2009). Sistem Pendukung Keputusan. Politeknik Caltex Riau.

Yudha, B. A. (2014). Dampak Ekstrakurikuler Futsal Terhadap Perilaku Disiplin Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yunitarini, R. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penyiar Radio Terbaik. Teknik Informatika.UniversitasnTrunojoyo Madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i1.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.