Pemilihan Paket Wisata Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Mulya Ade Irma Suryani, Zainal Arifin, Heliza Rahmania Hatta

Abstract


Pengambilan keputusan sebelum melakukan perjalanan wisata merupakan hal yang penting.Masalah biasanya terjadi dalam pengambilan keputusan  ; tidak cukupnya informasi, banyak informasi yang tidak akurat, dan banyak lagi. Hal ini juga terjadi dalam pengambilan keputusan untuk memilih paket liburan. Penelitian ini difokuskan pada penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Paket Wisata. Dalam hal ini penulis mengambil tiga kriteria sebagai atribut untuk proses pengolahan data yakni Biaya (Ketersediaan dana oleh user), Lama Perjalanan (Estimasi waktu yang diinginkan user) dan Fasilitas Hotel yang disediakan. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi web yang memberikan informasi rekomendasi pada user  atau pengguna dalam hal ini merupakan calon wisatawan. Rekomendasi yang diberikan sistem didasarkan pada masukan yang diberikan user kemudian diproses dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sehingga menghasilkan rekomendasi daftar paket wisata.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Perjalanan; AHP;

Full Text:

PDF

References


Yoeti, Oka. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT Pradnya Paramita. Jakarta

Khairina, Dyna Marisa.2012. Analytical Hierarchy Process Sebagai Pendukung Keputusan (Decision Support) Pemilihan Lokasi Pembangunan Rumah Kos Untuk Karyawan. Jurnal Informatika. Vol 7. No 3. Edisi September 2012. Hal. 75 – 81.

Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System).

Kusrini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan. Andi. Yogyakarta

Turban, E., Aronson, J., dan Liang, P. T. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid I. Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v12i2.646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.