Active Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT)

Haviluddin Haviluddin

Abstract


Penerapan pembelajaran aktif di perguruan tinggi didasarkan pada prinsip bahwa cara belajar terbaik bagi mahasiswa adalah dengan melakukan, dengan menggunakan semua inderanya dan dengan mengeksplorasi lingkungannya yang terdiri atas orang, hal, tempat dan kejadian yang terjadi dalam kehidupan nyata (pembelajaran kontekstual dan pemecahan masalah). Untuk memfasilitasi pembelajaran aktif, dosen harus menggunakan berbagai strategi yang aktif dan kontekstual, melibatkan pembelajaran bersama (cooperative learning) dan mengakomodasi perbedaan jender dan gaya belajar masing-masing mahasiswa dengan tujuan untuk memaksimalkan kemampuan pembelajar dalam memahami hal baru dan dapat menggunakan informasi baru tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari. Teknologi informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sementara teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Pembelajaran aktif sesungguhnya adalah bagaimana membuat proses pembelajaran itu lebih berpusat kepada mahasiswa yang aktif dengan memanfaatkan teknologi informasi atau ICT Component.


Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2007. Learning to Teach (Edisi Ketujuh). New York: McGraw Hill Companies.

DBE2-USAID. 2010. TOT Nasional – Ekspansi 2010; Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi – Panduan Untuk Fasilitator.

Fasli Jalal, 2010. Fasli Minta Pembelajaran Kreatif Diteruskan. http://kemdiknas.go.id/list_berita/2010/7/5/fasliminta-pembelajaran-kreatif-diteruskan--%281%29.aspx

Idwan, 2009. Pembelajaran berazas media teknologi informasi. http://jurnalmedia.com/tik/~idwan.pdf, diakses Mei 2009.

I Wayan Warmada. 2004. Problem-based learning (PBL) berbasis teknologi informasi (ICT).

Keyser, M.W. 2000. Active learning and cooperative learning: understanding the difference and using both styles effectively, Research Strategies, Vol. 17, p. 35-44.

Luthfi A., 2008. Pemanfaatan Teknologi Web Sebagai Media Interaktif dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar bagi Mahasiswa. http://blog.binadarma.ac.id/luthfie/?p=3

Mohamad Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy, Bandung, h. 77-79.

Oemar Hamalik, 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, h. 70.

Suherman, E. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Aktif Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v5i3.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.