Kajian Kritis Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Pengembangan Layanan Informasi Kepada Masyarakat Berbasis SMS (Short Message Service) di Kabupaten Sleman

Cecilia Lusiani, Bayu Wijayanto, Dwihansyah Agus Nugroho, Kanastasia Darma. A. Damanik

Abstract


Kajian ini ingin melihat sejauh mana upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Sleman dipilih sebagai lokus pembahasan karena kemudahan akses data. Kegiatan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS menjadi obyek pembahasan yang dipilih karena layanan ini banyak dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai strategi kompetitif dalam pengembangan kualitas layanan publik. Kajian ini termasuk dalam kategori kajian yang bersifat deskriptif terutama untuk mendeskripsikan bagaimana Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah menyelenggarakan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS. Kegiatan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS di Kabupaten Sleman, secara hierarki perencanaan telah memenuhi prosedur yang benar. Namun dalam perencanaan kegiatan tidak dilengkapi dengan skenario manajemen resiko dan perhitungan produk knowledge sehingga tidak didapatkan value of money; tidak ada feasibility study; kondisi capaian saat ini menunjukkan hasil yang buruk akibat adanya penundaan waktu yang cukup panjang dari timeline yang direncanakan; Dari sisi kemanfaatan, hasil kegiatan layanan informasi kepada masyarakat berbasis SMS di Kabupaten Sleman dapat dikatakan tidak ekonomis, tidak efisien dan belum efektif karena belum ada output yang dihasilkan sehingga belum dirasakan manfaatnya. Sehingga diperlukan penghitungan kembali cost and benefit ratio dengan memasukkan manajemen resiko dan skenario kegiatan dengan konsep manajemen yang benar; menyusun rencana implementasi yang baru dilengkapi dengan re-feasibility study; dibuat roadmap pentahapan implementasi yang baru dan segera dilaksanakan secara
konsisten.


Full Text:

PDF

References


Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. 2007. Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Semester I dan II Tahun 2006. Jakarta.

___. 2007. Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2007 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara.

Jakarta.

Bastian. 2003. “Perkembangan ‘E-government’ di Indonesia”. 8 Maret 2003. Sinar Harapan. [Online] Tersedia:

http://www.bappenas.go.id/index.php?module=ContentExpress&func=display&ceid=1693 [11 Juni 2007].

Baum, C. & DiMaio, A. 2000. Gartner’s Four Phases of E-Government Model. [Online] Tersedia: http://www.gartner3.gartnerweb.com/public/static/hotc/00094235.html [11 Juni 2007].

Bonham, G.M.; Seifert, J.W. & Thorson, S.J. 2001. The Transformational Potential of e-Government: The Role of Political Leadership. Prosiding 4th Pan European International Relations Conference of the European

Consortium for Political Research. 9 September. Canterbury, Inggris.

Boynton, W.C. & Johnson, R.N. 2006. Modern Auditing: Assurance Services, and the Integrity of Financial Reporting. Edisi 8. John Wiley &

Sons, Inc. New Jersey, Amerika Serikat.

Departemen Komunikasi dan Informasi. 2004. Laporan Akhir “Studi Survei Dasar EGovernment untuk meningkatkan Penggunaan Sarana Teknologi Informasi dan Melengkapai Buku Panduan untuk Mempromosikan Ketatanegaraan dan Pelayanan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi”. Jakarta.

Enoksen, J.A. 2004. What is E-Government. Prosiding the INTOSAI Standing Committee on IT Audit 4th Working Seminar on Performance

Auditing. 20 – 21 April. Moskow. Rusia.

Gilbert, David & Balestrini, Pierre. 2004. “Barriers and benefits in the adoption of e-government”. The International Journal of Public Sector

Management. Vol. 17 No. 4. Pp. 286 – 301. Emerald Group Publishing Limited.

Gordon, T.F. 2002. Introduction to E-Government. European Research Consortium for Informatics and Mathematics (ERCIM) News. No. 48. Januari. Pp. 12 – 13.

McQuail, Dennis. 1994. “Teori Komunikasi Massa; Suatu Pengantar”, Jakarta : Erlangga.

Singarimbun, M dan Effendi, S, ed. 1993. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v4i3.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.