Pengembangan Link Interkoneksi dan Internet Sharing Unmul-Diknas Kabupaten Kutai Timur

Fahrul Agus

Abstract


Salah satu upaya Universitas Mulawarman dalam rangka memperluas jangkauan dan pemerataan pendidikan sampai dengan pelosok-pelosok daerah Kalimantan Timur adalah dengan pembangunan dan penerapan TIK dalam program belajar mengajar melalui e-learning. Teknologi pembelajaran melalui metode distance dan electronic learning merupakan metode yang sangat efektif, karena dengan metode ini permasalahan secara geografis tidak lagi menjadi kendala utama. Pengembangan dan pemanfaatan jejaring pendidikan tinggi (INHERENT) serta jejaring pendidikan nasional (JARDIKNAS) adalah salah satu upaya untuk mendukung dan mensukseskan pilar perluasan dan pemerataan pendidikan. Saat ini infrastruktur tersebut telah beroperasi dengan sangat baik dan Universitas Mulawarman merupakan salah satu simpul lokal dalam jejaring INHERENT. Sebagai simpul lokal, Unmul melakukan berbagai terobosan untuk dapat memberikan dan menyalurkan akses INHERENT kepada lingkungan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta serta akses kepada pemerintah daerah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Melalui progam kerjasama antara Universitas Mulawarman dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur yaitu Kantor Dinas Pendidikan di Sengata telah dilaksanakan proyek pembangunan link interkoneksi yang menghubungkan kedua titik (node) tersebut dengan menggunakan teknologi PVN IP. Salah satu konten kerjasama yang mengalir di dalam pipa link interkoneksi ini adalah internet yang di bagi pakai (share) dari Universitas Mulawarman untuk dapat dipergunakan sebagai mana mestinya oleh pengguna internet di Kantor Dinas Pendidikan. Internet yang dibagi pakai ini dapat dioperasikan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Terdapat 2 (dua) tujuan utama yang ingin dicapai melalui program kerja sama pemakaian internet ini yaitu meningkatkan kapasitas sarana prasarana teknologi informasi komunikasi yang dimiliki oleh Kantor Dinas Pendidikan Kutai Timur dan menyebarluaskan akses informasi pendidikan melalui konten aplikasi yang dapat diakses melalui jalur internet global. Dengan pencapaian tujuan ini diharapkan dapat menambah prasarana program pembelajaran yang dikerjasamakan antara Universitas Mulawarman dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Rencana pengembangan lebih lanjut dari hasil-hasil yang telah dicapai diarahkan kepada upaya untuk terus menjaga kesinambungan operasionalisasi link interkoneksi yang ada serta meningkatkan penggunaan internet yang telah di share dengan menyebarluas akses kepada seluruh pegawai dan peserta didik lainnya yang berada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur.


Full Text:

PDF

References


Agus F. Laporan Training SDM Information Communication and Technology Local Area Network di Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur. UPT. Distance Learning Universitas Mulawarman. 2007.

Agus F. Laporan Teknis Pelaksanaan Sharing Internet 128kbps up 600kbps Updown Abonemen antara Universitas Mulawarman dengan Kantor Diknas Kabupaten Kutai Timur. UPT. Diistance Learning Universitas Mulawarman. 2009.

Perdana A. Perancangan dan Implementasi Jaringan Komputer Terintegrasi pada Universitas Mulawarman. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. 2009.

http://noc.unmul.ac.id

http://speedtest.net

http://inherent-dikti.net




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v4i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.