Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard

Fresly Nandar Pabokory, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Perkembangan teknologi terutama pada sistem pengamanan data dalam menjaga keamanan data informasi telah berkembang pesat. Dalam menjaga keamanan data informasi terdapat cabang ilmu dalam pengembangannya seperti kriptografi dan steganografi. Pada penerapannya dilakukan tidak hanya pada satu teknik keamanan saja, melainkan bisa dilakukan dengan kombinasi dalam keamanan data informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem keamanan data dengan mengimplementasikan kriptografi pada pesan teks, isi file dokumen, dan file dokumen dengan melakukan perhitungan algoritma Advanced Encryption Standard (AES). AES merupakan algoritma cryptographic yang dapat digunakan untuk mengamakan data dimana algoritmanya adalah blokchipertext simetrik yang dapat mengenkripsi (encipher) dan dekripsi (decipher) informasi. Hasil dari penelitian yaitu pengguna dapat mengenkripsi pesan teks kemudian disimpan menjadi sebuah file dokumen dan isi file dokumen tersebut dienkripsi lagi selanjutnya hasil enkripsi isi file dokumen tersebut, file dokumennya dienkripsikan dan selanjutnya dikompresi dan disembunyikan pada sebuah file citra (gambar) agar keamanan data informasi tersebut dapat terjaga keamanannya karena telah dilakukan pengamanan dan penyandian yang berlapis-lapis.

Keywords


Kriptografi; Advanced Encrypted Standart (AES); Pesan Teks; Steganografi

Full Text:

PDF

References


Ariyus, D. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta : Andi.

Bender. 1996. Techniques For Data Hiding. IBM Systems Journal.

Daemen, J; & Rijmen, V. 2001. Advanced Encryption Standard (AES). Federal Information Processing Standards Publication 197.

Hariyanto, B. 2009. Sistem Operasi. Bandung : Informatika.

Lusiana, V. 2011. Implementasi Kriptografi Pada File Dokumen Menggunakan Algoritma AES-128. Jurnal Dinamika Informatika.

Munir, R. 2006. Kriptografi. Bandung : Penerbit Informatika.

Stallings, W. 2006. Cryptography and Network Security Principles and Practice. Fifth Editon. USA : Prentice Hall.

Zunaidi, M. 2013. Steganografi, Menyembunyikan Pesan atau File Dalam Gambar Menggunakan Command/DOS. Jurnal Ilmiah SAINTIKOM, 11-16.

http://nash.blog.unigha.ac.id/disk-operating-system-dos/ (diakses Mei 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.