Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Tuberkulosis

Nur Aini, Ramadiani Ramadiani, Heliza Rahmania Hatta

Abstract


Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang mudah menular melalui udara yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Tuberkulosis sebagian besar menyerang paru namun penyakit ini juga menyerang organ tubuh lain yang disebut ekstra paru. Kurangnya fasilitas dan pengetahuan masyarakat dapat memperlambat diagnosa awal Tuberkulosis Ekstra Paru sehingga dapat membahayakan keselamatan masyarakat. Maka diperlukannya sistem pakar yang berguna untuk mendiagnosa penyakit Tuberkulosis yang dapat mempermudah penderita dalam melakukan diagnosa awal penyakit Tuberkulosis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pakar pendiagnosa penyakit Tuberkulosis dengan menggunakan metode Certainty Factor. Aplikasi ini akan mendiagnosa penyakit dengan melakukan penelusuran gejala-gejala yang ada berdasarkan inferensi forward chaining. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar berbasis web dengan tingkat akurasi sebesar 85% yang dimanfaatkan untuk membantu tenaga kesehatan dan masyarakat umum dalam mendiagnosa awal penyakit Tuberkulosis.

Keywords


Tuberkulosis; Sistem Pakar; Certainty Factor; Forward Chaining;

Full Text:

PDF

References


Alfaris, S. 2014. “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Polip Nasi (Polip Hidung) Menggunakan Metode Certainty Factor”. Pelita Informatika Budi Darma, Vol. VII Nomor 2. Agustus 2014.

Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Depkes RI, Ditjen PP dan PL. 2008. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis dan Standar Internasional Untuk Pelayanan Tuberkulosis. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Hiswani 2008. “Tuberkulosis Merupakan Penyakit Infeksi yang Masih Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat”. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Kadir, Abdul. 2008. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP – Edisi Revisi, ANDI, Yogyakarta.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. 2014.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset.

Madcoms. 2011. Adobe Dreamweaver CS5 dengan Pemrograman PHP & MySQL. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mahdiana, R. 2010. Panduan Lengkap Kesehatan Mengenal, Mencegah dan Mengobati Penularan Penyakit dari Infeksi. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Martin, J. Dan Oxman, S. 1988. Building Expert Systems a Tutorial. New Jersey: Prentice Hall.

Misnadiarly. 2006. Diabetes Melitus Gangren, Ulcer, Infeksi, Mengenali gejala, Menanggulangi, dan Mencegah komplikasi. Jakarta: Pustaka Obor Populer.

Sari, W.W. 2013. “Perancangan Sistem Pakar untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor”. Pelita Informatika Budi Darma, Vol. V Nomor 1. November 2013.

Sutejo, T., Mulyanto, E., dan Suhartono, V. 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Turban, 2005. Decision Support System, Intelligent System. Jilid II. Edisi 7. Yogyakarta. Percetakan Andi Offset. Penerbit Andi.

WHO. 2013. WHO Report 2013-Global Tuberculosis Control. www.who.int/tb/data. diunduh pada tanggal 05 April 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v12i1.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.