Aplikasi Klasifikasi Algoritma C4.5 (Studi Kasus Masa Studi Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman Angkatan 2008)

Miftahul Chair, Yuki Novia Nasution, Nanda Arista Rizki

Abstract


Klasifikasi merupakan pengelompokkan sampel berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan dengan menggunakan variabel target sebagai kategori. Pohon Keputusan adalah pohon klasifikasi yang digunakan sebagai prosedur penalaran untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang dimasukkan. Penelitian ini membahas tentang pohon keputusan yang dibentuk menggunakan Algoritma C4.5 untuk mengklasifikasi masa studi mahasiswa FMIPA UNMUL angkatan 2008. Algoritma C4.5 merupakan pohon klasifikasi non biner di mana cabang pohon bisa lebih dari dua. Dalam Algoritma C4.5, pohon keputusan dibentuk berdasarkan kriteria entropy. Berdasarkan hasil penelitian dalam klasifikasi masa studi mahasiswa FMIPA UNMUL angkatan 2008 (102 data) diperoleh 16 aturan yang terbentuk. Dari hasil klasifikasi yang telah dilakukan diperoleh ketepatan akurasi untuk data training (75 data) adalah 100 % dan untuk data testing (27 data) adalah 72,4 %.


Keywords


algoritma C4.5; entropy; klasifikasi; masa studi; pohon keputusan;

Full Text:

PDF

References


David, N., 2015. Aplikasi Classification and Regresion Tree (CART) dan Regresi Logistik Ordinal dalam Bidang Ilmu Pendidikan dengan Studi Kasus Predikat Kelulusan Mahasiswa S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Skripsi, Prodi Statistika. Samarinda: FMIPA UNMUL.

David, H., 2014. Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Jurnal yang dipublikasikan. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara Tangerang.

Efraim, Turban, J. E. Aronson., dan T. P. Liang, 2005. Decision Support Systems and Intelligent System. Yogyakarta : Andi Offset.

Kusrini, dan E. T. Luthfy, 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Larose, 2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. New Jersey : John Willey & Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v12i1.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.