Perancangan Sistem Prototipe Pendeteksi Banjir Peringatan Dini Menggunakan Arduino Dan PHP

Wahyu Indianto, Awang Harsa Kridalaksana, Yulianto Yulianto

Abstract


Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia salah satunya adalah di Kalimantan Timur, terkadang banjir terjadi di waktu malam dan di saat penghuni sedang tidak ada di rumah yang dapat mengakibatkan kerugian materil. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem prototipe untuk mengetahui kemungkinan terjadi banjir sebelum memasuki rumah menggunakan peringatan berupa pesan sms. Sistem prototipe pendeteksi banjir peringatan dini menggunakan Arduino sebagai mikrokontroler yang mengendalikan sensor ultrasonik dan sensor pendeteksi air dalam mendeteksi banjir serta ketinggiannya. Sms akan di kirim oleh sistem yang PHP dan Sms Gateway (Gammu) tergantung dari kondisi sensor air dan ketinggian air, serta website yang menginformasikan ketinggian air dan keadaan sensor pendeteksi air. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibangun sebuah sistem prototipe pendeteksi banjir peringatan dini menggunakan Arduino dan PHP yang memudahkan pengguna untuk mengetahui keadaan luapan air di parit pengguna.


Keywords


Arduino; Gammu; Deteksi Banjir;

Full Text:

PDF

References


Putra, Lucky Yuditia. 2013. Perancangan Sistem Pengukur Suhu Menggunakan Arduino dan C#.Net. Skripsi. Teknik Elektro. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Santoso, Hari. 2015. Panduan Praktis Arduino untuk Pemula. Elangsakti.com. E-Book. Diakses pada 26 Juni 2015.

Widayanto , Ismail Fatagar. 2010. Membangun Sms Gateway Billing Rumah Sakit. Tugas Akhir. Ilmu Komputer. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v12i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.