Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter Spesialis Di Provinsi D.I. Yogyakarta Berbasis Web

Nur Rochmah Dyah P.A, Efawan Retza Arsandy

Abstract


Kebutuhan akan mendapatkan suatu informasi secara cepat dan tepat, telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat apalagi berhubungan dengan keputusan untuk memilih tempat layanan kesehatan. Penganan pasien dengan cepat dan tepat sangat berpengaruh terhadap dampak dari penyakit yang diderita pasien. kondisi saat ini tidak semua klinik atau rumah sakit mempunyai dokter spesialis dan peralatan yang cukup lengkap. Dokter Spesialis adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam bidang ilmu kedokteran tertentu. Terdapat 45 pembagian dokter spesialis berdasar keahliannya. Dokter spesialis inilah yang nantinya akan menangani penyakit yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum, atau yang bersifat kronis. Dari 65 rumah sakit yang ada di provinsi D.I. Yogyakarta , tidak semua dari tempat layanan kesehatan memiliki dokter spesialis tertentu, dikarenakan diperlukan alat-alat pemeriksaan khusus, sedangkan tidak semua rumah sakit memiliki alat-alat tersebut. Masalah ini menyebabkan, masyarakat di provinsi D.I. Yogyakarta sulit untuk memutuskan tempat yang akan dipilih untuk berobat. Hal ini juga berkaitan dengan suatu kondisi, ketika penderita suatu penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya, namun karena penanganannya lambat, maka bisa berdampak lebih buruk. Keputusan untuk memilih tempat layanan kesehatan yang tepat dan cepat adalah suatu keputusan yang kritis dan kemungkinan terburuk bisa berdampak lebih parahnya penyakit yang diderita bahkan hilangnya nyawa seseorang . Subjek penelitian ini adalah website Sistem Informasi Gerografis Tempat Praktik Dokter Spesialis di Provinsi D.I. Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, studi pustaka, wawancara langsung terhadap Ketua Bagian Informasi Dinas Kesehatan Yogyakarta. Perancangan sistem ini menggunakan DFD dan ERD, Implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berbasis Framework Codeigniter dan MySQL sebagai manajemen database. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi geografis yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat tentang berita kesehatan, tips kesehatan, profil dokter, dan lokasi praktik dokter spesialis yang ada di kawasan Yogyakarta. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi geografis ini layak dan dapat dipergunakan dengan hasil pengujian sistem menggunakan metode Alpha Test yang ditujukan kepada masyarakat dan dokter spesialis, menunjukkan persentase sangat setuju dan setuju mencapai 96,67 % dan kurang setuju mencapai 3,33 %.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Data Sensus 2010, http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=3400000000&wilayah=DI-Yogyakarta (diakses 29 Oktober 2013).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Data Dokter Spesialis http://202.70.136.52/rsonline/report/report_by_catrs1.php?alamat_prop=D+I+YOGYAKARTA&submit=Find (diakses 29 Oktober 2013).

Bank Data Pusdatin Departemen Kesehatan Republik Indonesia, data Dokter Spesialis Provinsi Yogyakarta tahun 2011 – 2012.http://www.bankdata.depkes.go.id/nasional/public/report/createtablepti (diakses 29 Oktober 2013).

Krisnamurti, Dahlia, 2013, Penanganan Meningitis Lambat Kematian Datang.http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1960129/penanganan-meningitis-lambat-kematian-datang#.Un1ozOIuhBo (diakses 9 Oktober 2013)

Kaswidjanti, Wilis, DKK 2008, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Fasilitas Kesehatan di Kota Magelang Berbasis Web, Jurnal, Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta.

Capritasari, Noviasnita, 2013, Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Pencarian Lokasi Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas di Kabupaten Sleman berbasis Web. Skripsi S1, Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Dwi Ardyanto, Tonang, 2006, Memahami Gelar Dokter http://tonang.staff.uns.ac.id/memahami-gelardokter/2006/06/06/ (diakses 29 Oktober 2013).

Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher.

Prahasta, Eddy. 2002. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika: Bandung.

Pressman, Roger, S, 1997, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Edisi Satu), Yogyakarta: Andi.

Kristanto, Ir. Harianto. 2004. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi.

Fatansyah, Ir, 1999, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung.

Budiyanto, E. 2005. Sistem Informasi Geografis Menggunakan Arcview GIS. Andi Offset: Yogyakarta.

Sirenden, Bernadus Herdi dan Ester Laekha Dachi, 2013, Buat Sendiri Aplikasi Petamu Menggunakan Codeigniter dan Google Maps API, Andi, Yogyakarta.

Yunanto Harry, Dasar-dasar Pembuatan Website Dengan Codeligniter www.unsri.ac.id/upload/arsip/buku-ci-bab1-4.pdf, (diakses 29 Oktober 2013).

Asmaranto, Runi. 2011. Pengantar Sistem Informasi Geografis dalam bidang Sumber Daya Air. Artikel Kuliah Sistem Informasi. Univ Brawijaya. Jakarta.

Aini, Anisah. 2007. Sistem Informasi Geografis Pengertian dan Aplikasinya. Artikel Kuliah Sistem Informasi. STMIK AMIKOM. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i1.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra (+628115808624)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.