Fitur Social Commerce Dalam Website E-Commerce Di Indonesia

Diah Agustina

Abstract


Perkembangan penggunaan internet di masa kini, menempatkan internet sebagai teknologi yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tingginya akses netizen dalam mengakses social mediadan aktifitas pembelian online kemudian dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dan pengguna internet itu sendiri untuk melakukan social commerce. Social commercemerupakan e-commercemelalui social mediaatau dengan memanfaatkan fitur-fitur sosial yang biasanya ada dalam social media. Perkembangan social commercemendorong pelaku e-commerceuntuk mengaplikasikan fitur social commerceke dalam website e-commercemereka. Dalam sebuah website e-commerce, dibutuhkan minimal tiga kategori fitur yang harusada untuk mendukung perubahan website e-commercetersebut menjadi menjadi website social commerce, yaitu adanya fitur transaksional, fitur relasional, dan fitur sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai fitur-fitur social commerceyang digunakan pada website e-commercedi Indonesia. Data berupa screen capture website diambil dan kemudian dianalisis secara kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan agar dapat lebih banyak mengungkapkan dan menjelaskan informasi yang di dapatkan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwawebsite e-commercedalam penelitian ini lebih banyak menampilkan fitur rrelasional pada halaman home, dibandingkan dengan fitur sosial dan transaksional.


Keywords


social commerce; social media; e-commerce; fitur website;

Full Text:

PDF

References


Markplus Insight. (2014). Markplus Insight Consumer Survey Update : Youth, Women, Netizen in Indonesia 2014. Retrieved from http://www.markplusinsight.com

Markplus Insight. (2015). Dibalik Dompet Youth Women Netizen 2015 (Markplus Insight Youth Women Netizen Monitoring 2015). Marketeers Magazine, 40. Retrieved from www.marketeers.com

APJII. (2016). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia - Survey 2016. Retrieved from apjii.or.id

Curty, R. G., & Zhang, P. (2011). Social commerce: Looking back and forward. Proceedings of the ASIST Annual Meeting, 48(1), 1–10. https://doi.org/10.1002/meet.2011.14504801096

Huang, Z., & Benyoucef, M. (2014). User preferences of social features on social commerce websites: An empirical study. Technological Forecasting and Social

Change, 95, 57–72. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2014.03.005

Curty, R. G., & Zhang, P. (2013). Website features that gave rise to social commerce: a historical analysis. Electronic Commerce Research and Applications, 12(4), 260–279. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2013.04.001

Heng, M. S. H. (2003). Understanding Electronic Commerce From a Historical Perspective. Cais, 12, 104–118. Retrieved from http://aisel.aisnet.org/cais/vol12/iss1/6

Edosomwan, S., Prakasan, S. K., Kouame, D., Watson, J., & Seymour, T. (2011). The

History of Social Media and its Impact on Business. Management, 16(3), 79–91.

Retrieved from http://search.proquest.com.eproxy.ucd.ie/docview/889143980

McIntyre, K. E. M. (2014). Karen McIntyre. The Journal of Social Media in Society, 3(2), 5–25. Retrieved from http://thejsms.org/index.php/TSMRI/article/view/89

Sajithra, K., & Patil, R. (2013). Social Media – History and Components. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 7(1), 69–74. Retrieved from

http://iosrjournals.org/iosr-jbm/papers/Vol7-issue1/I0716974.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v12i1.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.