SISTEM LAYANAN KEPENDUDUKAN TERPADU DESA

Indah Fitri Astuti

Abstract


Banyaknya jenis layanan yang harus diselesaikan danjumlah warga yang setiap hari datang ke kantor desa membuat kebutuhan akan suatu sistem layanan yang terkomputerisasi dan juga terpadu menjadi mendesak. Salah satu kantor desa yang mengalami hal ini adalah kantor desa Girimukti di Kabupaten Penajam Paser Utara yang harus melayani lebih dari empat puluh permintaan layanan dokumen kependudukan setiap harinya. Terbatasnya jumlah staf dan sumber daya menjadikan waktu layanan menjadi relatif lama yaitu sekitar tiga hari sampai dengan dua minggu. Sistem ini dibangun berbasis webdengan tujuan penggunaan yang lebih luas dalam hal waktu dan tidak terbatas di kantor saja. Pimpinan desa dapat memantau sistem ini dimanapun berada untuk ikut berpartisipasi dalam pemotongan waktu layanan, sedangkan staf desa dapat menjadi sumber daya manusia yang lebih melek teknologi dan bekerja dengan orientasi pada efisiensi dan efektifitas. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem layanan berbasis web yang kemudian dimanfaatkan sebagai tulang punggung operasional dalam melayani warga.


Keywords


kependudukan; layanan; desa; sistem berbasis web; dokumen;

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto H. M. 2010 Analisa Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Gustiawan E. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Data Kependudukan tingkat Kecamatan Sedayu Bantul Yogyakarta. Yogyakarta : STMIK El Rahma.

Saputro D. 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kependudukan di Kelurahan Candi Binangun Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : STMIK Amikom.

Dumadi W. 2011. Sistem Informasi Pengelolaan Data Penduduk berbasis Desktop di Desa Petir Kecamatan Rongkop Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ram K. Elbaum S. 2002. Short UML Reference.

Girimukti 2013. Data Penduduk Desa Girimukti Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/2EVJ5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)


Creative Commons License
JIM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License