Keamanan Dan Penyisipan Pesan Rahasia Pada Gambar Dengan Enkripsi Blowfish Dan Steganografi End Of File

M. Mirsa Hariady, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti

Abstract


Ancaman penyadapan banyak sekali terjadi sekarang, bukan hanya antara orang ke orang yang melakukannya, bahkan sampai antara negara bertetangga terindikasi juga melakukan aksi saling sadap rahasia-rahasia negara yang menyebabkan terjadinya hubungandiplomasi yang kurang baik. Tentunya hal itu menjadi kerugian bagi semua pihak, terlebih oleh pihak yangdisadap, sehingga suatu teknik pengamanan data dapat diterapkan untuk mengantisipasi ancaman tersebut seperti teknik kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah suatu ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan saat pesan dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain. Steganografi adalah teknik pengamanan informasi dengan cara menyembunyikan pesan pada file gambar, audio, ataupun video yang disebut sebagai berkas pembawa. Pada penelitian ini hanya menggunakan file gambar sebagai berkas pembawanya. Penelitian ini mengkombinasikan dua teknik pengamanan data yaitu kriptografi algoritma blowfishdan steganografi end of file.Pesan rahasia akan melalui proses enkripsi dan menghasilkan cipherteks, kemudian cipherteks akan disisipkan kedalam gambar. Penelitian ini menghasilkan aplikasi keamanan dan penyisipan pesan rahasia dan menunjukkan bahwa pengguna dapat mengamankan informasi rahasia dibalik gambar dengan tidak merusak kualitas gambar tersebut.


Keywords


Kriptografi; Blowfish; Steganografi; End Of File;

Full Text:

PDF

References


Ariyus, D. 2006. Computer Security. Yogyakarta: Andi.

Ariyus, D. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Andi.

Erikawati, S. 2010. “Implementasi Algoritma Kriptografi Blowfish Untuk Keamanan Pada Dokumen Pada Microsoft Office”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika, STIMIK Amikom, Yogyakarta.

Fidens, F. 2006. “Dasar Kriptografi”. Kuliah umum Ilmukomputer.com

Krisnawati. 2008. “Metode Least Significant Bit (LSB) dan End Of File (EOF) untuk Menyisipkan Teks ke dalam Citra Grayscale”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Informatika, Yogyakarta.

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Bandung : Informatika.

Sitinjak, Suriski. 2010. “Aplikasi Kriptografi File Menggunakan Algoritma Blowfish”.

Skripsi UPN Veteran Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v11i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.