Implementasi Backtracking Algorithm Untuk Penyelesaian Permainan Su Doku Pola 9x9

Febri Utama, Awang Harsa Kridalaksana, Indah Fitri Astuti

Abstract


Permainan Su Dokupertama kali muncul pada tahun 1979 di majalah Dell Magazines dengan nama “Number Places”, kemudian menjadi populer dengan nama “Su Doku” di Jepang pada tahun 1984. Pada umumnya permainan ini terdiri dari 81 kotak kecil (sel), yang disebut juga dengan Su Dokupola 9x9. Su Doku ini dibagi menjadi 9 grid dengan pola 3x3. Diantarasel-sel tersebut terdapat angka 1 sampai dengan 9 sebagai angka awal. Angka-angka awal ini digunakan sebagai pembatas, sehingga kita hanya melanjutkan dengan mengisi angka hingga seluruh sel-sel terisi penuh masing-masing dengan angka 1 sampai dengan 9. Metode umum pencarian solusi Su Dokuadalah dengan kombinasi teknik pemindaian (scanning), penandaan (marking), dan analisa (analyzing). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatuaplikasi yang merupakan implementasi dari metode backtracking algorithm untuk menampilkan solusi Su Dokupola 9x9 yang unik dan membuktikan teori ketepatan metode backtracking algorithm dalam penggunaan pencarian solusi Su Dokupola 9x9. Implementasi dari metode backtracking algorithmdibuat dengan bahasa pemrograman Delphi. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi pencarian solusi Su Doku dengan pola 9x9, yang diberi nama “Program Aplikasi Sudoku Solver Backtracking Algorithm”. Didalam aplikasi ini user menginputkan angka awal sesuai dengan level Su Doku, dimana hasil outputnya adalah tampilan dari solusi unik Su Doku.


Keywords


Su Dokupola 9x9; backtracking algorithm; sel; angka awal; solusi unik;

Full Text:

PDF

References


Arifiyanto, W. A.. 2007. Penggunaan Algoritma Backtracking Dalam Penyelesaian Permainan S Sudoku. Makalah STMIK 2007-096. Bandung : Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Desiani, A. dan Arhami, M.. 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Morenvino, M., Ray, A. I., Anton, R. S.. 2006. Penerapan Algoritma Runut-Balik Untuk Penyelesaian Teka-Teki Sudoku. Makalah STMIK 2006-046. Bandung : Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Musadik, R. 2010. Pengantar dan Sejarah Sudoku. Diakses 22 Maret 2011. http://universologi.blogspot.com/2010/03/permainan-seperti-sudoku-sudah-dikenal.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v11i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.