Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar

Mursid Yunus, Indah Fitri Astuti, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Game telah menjadi sebuah sarana hiburan yang paling banyak diminati masyarakat dari yang muda sampai yang tua belakangan ini. Inilah salah satu faktor yang mendorong banyak pengembang game berinovasi dengan produk-produk game yang menyasar para peminatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia game, khususnya game yang bersifat edukatif. Sisi edukatif dalam game ini berupa pembelajaran berhitung yang simple dan menarik. Dalam game ini pemain dapat menikmati permainan animasi fantasi sekaligus menambah pengetahuan dan pembelajaran berhitung dengan menjawab soal pertanyaan yang ada dalam permainan. Skor akan didapatkan berdasarkan jumlah jawaban benar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah metode analisis yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui studi literatur dengan melakukan pencarian data melalui buku-buku teks ataupun sumber lainnya dan perbandingan game dengan game sejenis. Hasil yang dicapai dari penelitian ini ialah terselesaikanya pembuatan aplikasi game edukasi berbasis Dekstop Game Berhitung : “Taimer Island” menggunakan Swishmax. Game edukasi “Taimer Island” berbasis Dekstop ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam dunia pembelajaran dan diharapkan mampu meningkatkan minat anak untuk belajar khususnya belajar berhitung.


Keywords


Game; Edukasi; Matematika; Dekstop;

Full Text:

PDF

References


Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi : Yogyakarta.

Uha, S. 2002. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta.

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang. Malang.

Samodra, DW. 2006. Pengertian Multimedia Pembelajaran. http://jatengklubguru.com/file.pdf. Diakses pada tanggal 8 September 2013 09.45. Wita




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.