Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Di Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi Kasus : Fakultas MIPA)

Hanis Setiawati Permatasari, Addy Suyatno, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Fakultas MIPA mempunyai 5 Program Studi. Selama ini proses pemilihan program studi oleh calon mahasiswa dilakukan dengan beragam cara. Sering terdengar mahasiswa yang merasa tidak cocok dengan minatnya ketika memperoleh materi kuliah di perguruan tinggi, dan akhirnya pindah program studi. Hal lain yang juga dapat berakibat negatif adalah waktu dan tenaga yang terbuang dari para mahasiswa yang pindah program studi.Terdapat dua kriteria utama bagi calon mahasiswa yang penting untuk dipertimbangkan yaitu kriteria akademis dan minat. Didalam penelitian ini dibangun Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Tsukamoto sebagai metode yang cukup baik untuk menangani pengurutan data multikriteria.Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa metode Tsukamoto mampu memberikan rekomendasi program studi yang memiliki kriteria yang sesuai dengan kriteria dari pengguna.

Full Text:

PDF

References


Decky Aspandi Latif, 2012. “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Program Studi Universitas Mulawarman Dengan Metode Promethee Berbasis WebGis”. Skripsi Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Mulawarman.

Dewi, K. E. M. 2009, ”Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Perguruan Tinggi Negeri Dengan Metode Promethee Berbasis Web “, Skripsi Sarjana Sistem Informasi Surabaya, STIKOM Surabaya.

Firdaus. 2007. 7 Jam Belajar Interaktif PHP & MySQL dengan Dreamweaver. Palembang : Maxicom.

Hamri Efendi, 2012. “Penentuan Pemateri Pelatihan Dengan Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto (Studi Kasus : Himpunan Mahasiswa Islam)”. Skripsi Sarjana Ilmu komputer, Universitas Mulawarman.

Kusumadewi, Sri., Purnomo, Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha ilmu.

Turban, E. 2005. Decision Support System and Inteligent Systems. Jilid1. Edisi 7. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Turban, Effraim. 2005. Decision Support and Expert System. Edisi Indonesia.

Wang, Li-Xin. 1997. A course in Fuzzy Systems Control. Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.