Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product

Nency Nurjannah, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Sepeda motor merupakan salah satu bidang usaha yang berkembang cukup pesat di negara Indonesia, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang membutuhkan transportasi sepeda motor. Saat ini banyak pabrik sepeda motor yang mengeluarkan produk dengan bermacam-macam merk dan desain sehingga membuat konsumen mempunyai banyak pilihan ketika ingin membeli sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor dengan Metode Weighted Product (WP) yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan bagi pengguna yaitu memudahkan calon konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian sepeda motor. Sistem ini dirancang menggunakan metode Weighted Product (WP) yang bersifat kuantitatif dalam pengambilan keputusan, metode Weighted Product (WP) menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Dengan menerapkan metode Weighted
Product (WP) pada pendukung keputusan, kemudian diimplementasikan ke dalam sebuah sistem yang memberikan alternatif pilihan tipe produk dengan kriteria yang diinginkan oleh pengguna, sistem mampu
melakukan pengurutan alternatif produk sebagai hasil rekomendasi produk yang disarankan berdasarkan pemilihan alternatif merk dan jenis sepeda motor, serta penentuan tingkat kepentingan pada setiap kriteria, yaitu Harga, Teknologi, Kapasitas Mesin dan Model/Desain. Hasil yang dicapai sistem menghasilkan delapan alternatif rekomendasi produk yang disarankan dan satu alternatif terbaik yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kemampuan calon konsumen.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Sepeda Motor; Weighted Product (WP);

Full Text:

PDF

References


Daihani, D. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (DecisionSupport

System). Pontianak.

Kusumadewi. 2006. Fuzzy Multi- Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM).

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryadi, K. dan Ramadhani, M. A.1998. Sistem Pendukung Keputusan : Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Pengambilan Keputusan. Bandung : Remaja Rosda karya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i2.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department - Faculty of CSIT 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.