Implementasi Server Pulsa Menggunakan Multi Gateway

Muhammad Olly, Hamdani Hamdani, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Pengisian pulsa sudah menjadi kebutuhan utama pada pengguna ponsel (telepon seluler). Pulsa adalah satuan dalam perhitungan biaya penggunaan layanan jaringan seluler. Alat yang digunakan dalam pengisian pulsa berupa voucher fisik dan elektrik (elektronik) melalui pengisian terprogram. Dan cara pengisian pulsa yaitu secara konvensional dengan langsung datang ke gerai pulsa dan tersistem seperti server pulsa. Transaksi melalui server pulsa saat ini hanya dapat dilakukan via SMS (Short Message Service) ataupun via instant messaging (IM). Penelitian ini bertujuan untuk membuat server pulsa yang inovatif dan menggunakan multi gateway sehingga memudahkan user dalam melakukan pengisian pulsa. Gateway yang digunakan ialah berupa SMS, USSD, IM, Facebook dan Twitter. Hasil akhir dari penelitian ini berupa server pulsa menggunakan multigateway yang dapat melakukan pengisian pulsa melalui jejaring sosial yang merupakan inovasi baru pada server pulsa.


Keywords


SMS; IM; USSD; Gateway; Jejaring Sosial

Full Text:

PDF

References


Bies, L. 2010. Hayes Modem AT Command Set. (Online: http://www. lammertbies.nl/comm/info/hayes-at-commands.html diakses pada tanggal 25 Juli 2012).

Irwanto, F. 2011. Membangun Server Penjualan Pulsa Elektronik Untuk Telepon Seluler. Skripsi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman. Samarinda.

Olly, M. 2013. Implementasi Server Pulsa menggunakan Multigateway. Skripsi Ilmu Komputer. Universitas Mulawarman. Samarinda

Rosidi, R. I. 2004. Membuat sendiri SMS Gateway berbasis protokol SMPP. Jakarta : Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v10i2.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.