MOVIE ORGANIZERMENGGUNAKAN TEKNIK WEB SCRAPPING

Chandra Nugraha, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Film merupakan hasil karya yang sangat unik, menarik dan modern karena merupakan salah satu media komunikasi dalam bentuk gambar hidup. Seiring berkembangnya teknologi, sampai saat ini film berbentuk file lebih popular, sehingga banyak digemari kolektor film yang menjadikan popularitas film semakin meningkat. Beberapa contoh kategori genrefilm adalah action, animation, comedy, musical, science-fiction, dan horror. Terdapat unsur lain yang memuat informasi mengenai film itu sendiri, misalnya judul film dan tahun rilis, jalan cerita atau sinopsis, pemain, produser dan poster film. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pada aplikasi desktop yang dapat mengimplementasikan teknik web scrappingatau ekstraksi webyaitu mengumpulkan dan menyusun informasi sebuah film dari sumber data secara online dengan format JSON yang diharapkan dapat memudahkan kolektor dalam memanajemen informasi pada koleksi film. Dari penelitian tersebut maka dihasilkan aplikasi manajemen sistem informasi untuk kolektor film yang menggunakan teknik web scrapping.


Keywords


Film; JSON; Kolektor; Scrapping; Web Scrapping

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka.

Miyarso, E. 2009. Developing of Interactive Multimedia for the Study of Cinematography. Graduate School, State University of Yogyakarta. Yogyakarta.

Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1990. Jld. V, Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Qalyubi, S dkk. (Ed). 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab. Yogyakarta.

Terry, G. R. & Rue, Leslie W. Rue. 2010. Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara.

Zaira, Z. 2011. Implementasi Ekstraksi Web Untuk Hadits Yang Diterjemahkan Dalam Bahasa Indonesia. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Depok.

Hardjono, D. 2007. Pengembangan Aplikasi Database Dengan Microsoft Access 2007. Yogyakarta: Andi.

Sena, S. A. 2013. Perancangan dan Pembuatan Application Programming Interface Server untuk Arduino. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i3.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.