PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN ANALISIS GRAMMAR

Rionaldo Putra, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat pentingdan paling banyak digunakan dalam pergaulan Internasional. Kebutuhan penguasaan Bahasa Inggris yang baik sangat diperlukan. Grammar merupakan Tata Bahasa dalam Bahasa Inggris. Salah satu hal yang sangat mungkin dirasakan rumit dalam memahami Grammar adalah tenses. Tenses dalam bahasa Inggris berarti ‘waktu’. Dalam pembahasan Grammar, Tenses digunakan untuk membicarakan perbedaan atau perubahan bentuk dalam kalimat yang berhubungan dengan waktu terjadinya peristiwa yang diungkapkan pada suatu kalimat. Oleh karena itu pembelajaran tensessangat penting dalam mengidentifikasi kalimat dalam suatu pembicaraan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem yang dapat melakukan analisa terhadap suatu komponen masukkan pada tenses tertentu untuk kemudian dilakukan perbaikan secara otomatis. Dengan menerapkan Metode Rule Baseuntuk menentukan kriteria pembentukan dari masing-masing tenseskemudian dilakukan perubahan terhadap komponen-komponen tertentu pada tenses tersebut secara otomatis. Dari penelitian ini dihasilkan Program Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Level intermediate. Penggunaan program ini cukup mudah. Userhanya perlu mengisi subjek, predikat dan objek untuk masing masing tenses yang kemudian akan diproses oleh sistem untuk dilakukan pembenaran serta penjelasan. Pengguna juga dapat melatih kemampuan mereka setelah mempelajari tenses menggunakan sistem ini dengan memilih fitur evaluasi untuk menjawab soal soal yang diberikan oleh sistem.


Keywords


Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris; Analisis Grammar; Tenses; Rule Base;

Full Text:

PDF

References


Andi. (2005). Menggunakan Microsoft Office Access. Semarang: Wahana Komputer.

Fowler, M. (2004). UML Distilled Edisi 3 Panduan Singkat Bahasa Permodelan Objek Standar. Yogyakarta: ANDI.

Martinus, S. (2008). Cara Mudah Belajar dan Memahami Tenses. Yogyakarta:

IndonesiaTera.

Murphy, R. (1998). Grammar In Use Refference And Practice For Intermediate

Students Of English. New York: Cambridge University.

S.Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis Edisi 7 Buku 1. Yogyakarta: ANDI.

Sommerville, I. (2003). Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Putra, Rionaldo. (2014). “Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Analasis Grammar”. Skripsi Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i3.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Computer Science Department
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Putut Pamilih W. (+6285246436015)

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.