PENGEMBANGAN WEBSITE WISATA KOTA SAMARINDA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FOTO VR 360

Leni Hardianti, Fahrul Agus, Addy Suyatno

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesatmenghadirkan teknologi baru dalam dunia fotografi. Sebuah foto yang pada masa lalu hanya dapat dinikmati secara dua dimensi, kini dapat dinikmati secara tiga dimensi, yaitu dengan virtual reality. Dengan teknologi foto VR (virtual reality), penikmat foto dapat merasakan sensasi seolah-olah berada di lokasi fotodiambil tanpa harus benar-benar berada disana. Seiring dengan perkembangan tersebut, kebutuhan masyarakat akan informasi yang akurat dan detail mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi tanpa sadar menjadikan dunia web sebagai rujukan utama. Namun, foto-foto yang diberikan sebagai gambaran objek wisata yang tersedia masih dalam bentuk 2 dimensi yang hanya dapat dipandang mata. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah website yang memberikan informasi akuratdan detail tempat wisata yang ada di kota Samarinda. Seorang pengunjung website dapat melihat keadaan darilokasi objek wisata dengan detail. Pengunjung tidak hanya melihat tapi juga dapat melakukan pembesaran objek (zoom out) dan melakukan pergeseran ke arah mana yang ingin dilihat sehingga dirasakanlah sebuah pengalaman seolah-olah berada di lokasi objek wisata. Hasil akhir dari penelitian ini adalah website wisata Samarindaku yang menerapkan foto VR 360


Keywords


virtual reality; foto VR; wisata; Samarinda;

Full Text:

PDF

References


Brown, M., Lowe, D. 2006. Automatic Panoramic Image Stitching Using Invariant Features. International Journal of Computer Vision Volume 74 Issue 1 pp.59-73.

Hardianti, Leni. 2013. Aplikasi Teknologi Foto VR 360 dalam Pengembangan Website Wisata Kota Samarinda. Skripsi Ilmu Komputer. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Maulana, Firman. M. 2012. Virtual Tour 360 pada RIA Campus Tour 3D IPB Darmaga. Skripsi Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor.

Sugihartono, R. A. 2007. Teknik Foto Virtual Reality (360) Panduan Praktis dengan PanoWorx. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Zamroni, A. 2010. VR Photography.(Online: http://blog/ahmadzamroni.com/2010/03/04/vr-photography.htmldiakses pada tanggal 29 September 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i3.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.